Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa Sih AS Ngotot Minta China Tutup Konsulatnya? Ketahuan...

Kenapa Sih AS Ngotot Minta China Tutup Konsulatnya? Ketahuan... Kredit Foto: REUTERS/Jason Lee
Warta Ekonomi, Washington -

Amerika Serikat (AS) menuding para diplomat China membantu spionase ekonomi dan upaya pencurian penelitian ilmiah. Hal ini diduga menjadi latar belakang Washington secara mendadak memerintahkan agar kantor konsulat China di Houston ditutup.

David R. Stilwell yang mengawasi kebijakan untuk Asia Timur dan Pasifik di Departemen Luar Negeri mengatakan, konsulat China di Houston memiliki sejarah terlibat dalam perilaku subversif dan pusat pencurian penelitian di AS.

Baca Juga: Memanas, AS Perintahkan China Tutup Konsulat di Houston karena...

Dia mengatakan, konsul jenderal, Cai Wei dan dua diplomat lainnya tertangkap menggunakan identitas palsu untuk mengawal para turis asal China pada 31 Mei ke area gerbang penerbangan charter dari Bandara George Bush International.

Stilwell menambahkan, beberapa percobaan pencurian oleh China di AS telah meningkat selama enam bulan terakhir. Ini dapat dikaitkan dengan upaya pengembangan vaksin untuk virus Corona. Namun Stilwell tidak dapat membuktikannya.

Dokumen setebal tujuh halaman yang disusun oleh pejabat penegak hukum Amerika, dan didapatkan oleh New York Times menguraikan investigasi FBI terkait pergerakan di konsulat China di Houston. Pergerakan tersebut termasuk upaya mentransfer penelitian medis dan informasi sensitif lainnya. 

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, pemerintahan Presiden Donald Trump memperingatkan China bahwa AS dapat mengambil tindakan tegas untuk melindungi kepentingannya.

FBI telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk seorang mahasiswa dan peneliti Cina, Tang Juan yang mencari perlindungan di konsulat San Fransisco.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: