Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Intelijen China Apes karena Tertangkap di Los Angeles, Setelah Diselidiki Tujuan Aslinya...

Intelijen China Apes karena Tertangkap di Los Angeles, Setelah Diselidiki Tujuan Aslinya... Kredit Foto: Reuters/Carlos Garcia Rawlins
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seorang warga negara China ditangkap di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Pasca-penangkapan, warga negara China ini diketahui adalah seorang agen intelijen Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Dalam laporan yang dikutip dari South China Morning Post, pria ini bernama Xin Wang. Wang adalah seorang peneliti ilmiah yang dikirim untuk menjalankan misi dari atasannya di sebuah laboratorium di China.

Baca Juga: Bukan Bom atau Pesawat Tempur! China Harus Waspada Tingkat Tinggi Sebab AS Bersiap Perang...

Misi Wang dikirim ke AS adalah mengamati tata letak Bandara Internasional Los Angeles. Wang juga sempat mendapatkan data dari University of California, San Francisco (UCSF) dan membawa kembali informasi tentang cara mereplikasi ke China.

Penangkapan Wang juga dikonfirmasi oleh Departemen Kehakiman AS. Dalam pernyataan Departemen Kehakiman AS, Wang disebut telah mencuri data dan mengirimnya via email ke laboratorium milik Tentara Pembebasan Rakyat China.

Tak diketahui sudah berapa lama Wang menjalankan misinya di AS. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan Wang di UCSF didanai oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan Institut Kesehatan Nasional (NIH). 

Agar tak mencurigakan otoritas keamanan bandara, Wang disebut juga sempat menghapus pesannya dalam aplilkasi WeChat dalam ponselnya. 

Tak main-main, Wang dituduh melakukan pernyataan palsu dalam permohonan visanya. Akibatnya, Wang terancam hukuman 10 tahun penjara, dan denda sebesar US$250.000, atau setara dengan Rp3,5 miliar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: