Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Setahun Raup Untung USD239 Miliar, AS-China-Jerman Paling Diuntungkan Perdagangan Global

Setahun Raup Untung USD239 Miliar, AS-China-Jerman Paling Diuntungkan Perdagangan Global Kredit Foto: Picture Alliance/Dpa/R. Drew
Warta Ekonomi, Berlin -

Survei terbaru yayasan Jerman Bertelsmann Foundation yang dirilis hari Senin (30/12/2019) menyebutkan, tiga negara pengekspor terbesar dunia, yaitu AS, China dan Jerman, yang paling diuntungkan dengan sistem perdagangan global saat ini. Hanya dalam setahun, ketiga negara ini bisa meraup keuntungan sampai 239 miliar dolar.

Ketiga negara itu mendapat manfaat terbesar dari keanggotaan mereka di Organisasi Perdagangan Dunia, WTO. Survei terbaru Bertelsmann Foundation dibuat sekaligus untuk menandai peringatan 25 tahun pendirian WTO, yang resmi didirikan 1 Januari 1995 sebagai kelanjutan dari Perjanjian Perdagangan Bebas GATT. WTO saat ini dipimpin oleh diplomat Brasil, Roberto Azevedo.

Baca Juga: Rusia-China Ketahuan Latihan Militer Bareng Iran, AS Makin Murka

AS, Cina dan Jerman disebut telah mencapai perolehan pendapatan terbesar sebagai hasil dari sistem perdagangan global berbasis aturan-aturan WTO. Amerika Serikat menjadi negara yang paling diuntungkan dengan meraup keuntungan 87 miliar dolar pada 2016, disusul Cina dengan keuntungan 86 miliar dolar dan Jerman dengan keuntungan sekitar 66 miliar dolar.

Survei Bertelsmann Foundation juga menghitung efek kekayaan di 180 negara, yang didapat sejak pendirian WTO, termasuk perkembangan di 164 negara anggota WTO. Parameter perhitungan adalah arus perdagangan domestik maupun arus perdagangan ke dan dari luar negeri.

Ekspor dan manufaktur kuat bisa jamin pertumbuhan

Sementara anggota GATT/WTO menikmati peningkatan ekspor rata-rata 14 persen antara 1980 dan 2016, ekspor ke negara-negara di luar WTO turun rata-rata 5,5 persen, demikian survei Bertelsmann Foundation.

Pada tahun 2016, 20 tahun setelah lembaga itu didirikan, keanggotaan di WTO telah memicu peningkatan kemakmuran di seluruh dunia sebesar 855 miliar dolar.

Baca Juga: Rusia: Serangan AS pada Irak dan Suriah Contoh Nyata Terorisme

"WTO adalah sistem operasi ekonomi global, yang memastikan setiap hari bahwa barang dan jasa dapat bersirkulasi dalam lingkungan yang stabil dan berdasarkan aturan," kata Christian Bluth, pakar perdagangan di Bertelsmann Stiftung.

Laporan tersebut mencatat bahwa negara-negara dengan ekspor dan manufaktur yang kuat cenderung mendapat manfaat besar dari keanggotaan WTO, contohnya Meksiko (58 miliar dolar) dan Korea Selatan (31 miliar dolar).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: