Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Galaknya Rupiah Gak Ada Obat: Dolar AS dan Mata Uang Dunia Remuk Redam!

Galaknya Rupiah Gak Ada Obat: Dolar AS dan Mata Uang Dunia Remuk Redam! Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah mengamuk secara global pada perdagangan spot Senin, 4 Januari 2021. Dilansir dari RTI, rupiah membuat remuk dolar AS hingga ke bawah Rp14.000 dan menjadi salah satu yang terbaik di Asia dan dunia.

Rupiah kini terapresiasi 0,68% ke level Rp13.927 per dolar AS. Bahkan, sebelumnya rupiah membuat mata uang Paman Sam remuk hingga Rp13.883. Tak cukup sampai di sana, rupiah juga menekan dolar Australia (0,43%), poundsterling (0,41%), dan euro (0,24%). Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng! Nasib Harga Emas Antam Senin, 4 Januari 2021: Terang Benderang!

Performa rupiah di tingkat regional juga patut diacungi jempol karena menjadi yang terbaik kedua Asia setelah yuan (-0,14%). Dengan kata lain, rupiah menguat atas dolar Hong Kong (0,66%), dolar Taiwan (0,54%), baht (0,51%), yen (0,42%), dolar Singapura (0,35%), won (0,31%), dan ringgit (0,14%). Baca Juga: Jepang Berada di Ambang Darurat, Indeks Nikkei Memerah Sebatang Kara!

Berkebalikan dengan rupiah, dolar AS saat ini justru tertekan signifikan terhadap mata uang dunia. Dolar AS anjlok atas dolar Australia, euro, poundsterling, dolar New Zealand, dolar Kanada, dan franc. Mata uang Asia juga ikut menyerang dolar AS, termasuk dolar Taiwan, baht, dolar Singapura, won, yen, dan yuan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: