Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dolar AS dan Global Balas Dendam Bekali-Kali Lipat, Rupiah Tamat!

Dolar AS dan Global Balas Dendam Bekali-Kali Lipat, Rupiah Tamat! Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah menelan karma, keperkasaan hari kemarin dibalas dengan tekanan berkali-kali lipat oleh dolar AS dan mata uang dunia. Alhasil, sang Garuda memerah lebih dari 1% terhadap semua mata uang dan nyaris terjungkal ke Rp14.800 per dolar AS.

Baca Juga: Parah Sih! Selasa, 22 September 2020: Harga Emas Antam Hari Ini Berdarah-Darah

Asal tahu saja, pada perdagangan kemarin rupiah menekan dolar AS hingga ke level Rp14.600-an. Namun, dibayangi oleh sentimen lonjakan Covid-19 yang menembus rekor baru 4.176 kasus per hari, rupiah menjadi tidak berdaya. Dilansir dari RTI, beberapa saat lalu rupiah tumbang ke level terdalam Rp14.763 per dolar AS.

Baca Juga: MD Pictures Garap 4 Film Series Sekaligus, Dana Miliaran Rupiah Disiapkan

Sampai dengan pukul 09.52 WIB, rupiah terdepresiasi 1,36% ke level Rp14.747 per dolar AS. Bukan hanya itu, tiga mata uang global lainnya juga ikut balik menekan rupiah, yaitu dolar Australia (-1,12%), poundsterling (-1,29%), dan euro (-1,25%).

Nasib rupiah di Asia juga tak kalah getir. Dengan depresiasi signifikan, rupiah menempati posisi mata uang terlemah se-Asia. Hingga saat ini, rupiah memerah terhadap dolar Taiwan (-1,88%), yuan (-1,54%), yen (-1,43%), dolar Hong Kong (-1,39%), won (-1,36%), dolar Singapura (-1,34%), baht (-1,06%), dan ringgit (-0,96%).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: