Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Turun Langsung ke Purwakarta, Mensos Risma Pastikan Bansos telah Tersalur

Turun Langsung ke Purwakarta, Mensos Risma Pastikan Bansos telah Tersalur Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penyaluran bantuan, Menteri Sosial Tri Rismaharini melanjutkan agenda pengecekan lapangan. Untuk keperluan itu, Mensos Risma berkunjung ke Purwakarta pada Jumat (23/7/2021).

Mensos Risma dan rombongan bertemu dengan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dan jajaran. Dalam kesempatan itu, Mensos Risma mengecek penyaluran bantuan kepada penerima manfaat, selain mendengarkan laporan Bupati. Di hadapan masyarakat Purwakarta, Mensos Risma menyampaikan salam dari Presiden Jokowi. Presiden berpesan agar bantuan yang disalurkan dapat membantu mengurangi beban ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Kemensos Siapkan Rp7,08 Triliun untuk 5,9 Juta Keluarga Terdampak Pandemi

"Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat adalah pilihan yang sulit karena dengan begitu masyarakat tidak bisa maksimal mencari nafkah. Bantuan dari Kemensos ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat," kata Mensos Risma seperti dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Data Pemerintah Kabupaten Purwakarta, data peserta Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 28.068 KPM, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako 41.535 KPM, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 42.550 KPM.

Dalam kesempatan itu, Mensos menyerahkan bantuan beras Paket 5 kg kepada perwakilan masyarakat di Gedung Olahraga Purnawarman. Didampingi Bupati Anne, Mensos Risma menyampaikan harapannya agar bantuan bisa memenuhi sebagian kebutuhan pokok di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Mensos juga blusukan ke gang-gang sempit menemui warga masyarakat. Mensos Risma bertanya sejauh mana mereka telah menerima bantuan dari pemerintah. Yati Nuryati (56), warga Kelurahan Sindang Kasih, Kecamatan Purwakarta mengaku penerima BPNT/Program Sembako secara rutin dan lancar.

"Alhamdulillah menerima secara rutin Bu," katanya. Selain beras, Yati juga mengaku bantuan bisa ditebus dengan berbagai jenis pangan di antaranya kacang hijau, telur, kentang, apel, dan sebagainya.

Mensos meminta Yati menghitung bantuan yang dia terima. "Kalau ada kelebihan ibu bisa bicarakan dengan Pak Lurah ya," kata Mensos.

Kepada Mensos, Bupati Anne menyatakan bantuan sosial dari Kemensos telah tersalur secara bertahap. "Alhamdulillah bantuan dari Kemensos dalam rangka pembatasan kegiatan masyarakat telah kami terima sejak hari Minggu (18/7). Kami telah menyalurkannya secara bertahap kepada masyarakat yang menerima," katanya.

Bupati Anne menyatakan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial. "Bantuan dari Kemensos sangat berarti bagi masyarakat di tengah pembatasan kegiatan. Kami ucapkan terima kasih," kata dia.

Bantuan beras dan bantuan sosial yang eksisting seperti PKH, BPNT/Program Sembako dan BST merupakan bagian dari kebijakan pemerintah mengurangi beban masyarakat selama PPKM.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: