Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sucofindo Dukung Sistem TIK untuk Kegiatan PMS Pelni

Sucofindo Dukung Sistem TIK untuk Kegiatan PMS Pelni Kredit Foto: Sucofindo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sucofindo (Persero) memberi dukungan Sistem Informasi dan Komunikasi untuk kegiatan Planned Maintenance System (PMS) Pelni dan telah dilaksanakan kick off meeting terkait pelaksanaan PMS tersebut dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni).

Acara dihadiri oleh Direktur Komersial 2 Sucofindo-M. Haris Witjaksono dan Direktur Armada PT Pelni-Tukul Harsono berlangsung di atas KM Kelud Pelni, Tanjung Priok, Jakarta sebagai salah satu wujud sinergi BUMN. Pada kesempatan ini, Dirkom 2 Sucofindo Haris Witjaksono menyampaikan apresiasinya kepada Pelni yang telah membangun Sistem Pemeliharaan Kapal (PMS) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkini.

Baca Juga: Anak Usaha Krakatau Terima 3 Sertifikat SNI ISO dari Sucofindo

"Tentunya, kami berterima kasih atas kepercayaan Manajemen PT Pelni kepada Sucofindo untuk mendukung penuh pembangunan PMS ini," ujar Haris dalam keterangan pers, Jumat (24/7/2020).

Aplikasi PMS berbasis teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk menjawab tantangan saat ini dalam mendapatkan data dan informasi andal tentang kondisi pemeliharaan kapal, suku cadang, sertifikasi, dan lainnya.

"Sistem pemeliharaan kapal yang terencana (PMS) memungkinkan pemilik atau operator merencanakan, melakukan, dan mendokumentasikan perawatan kapal pada interval yang sesuai dengan persyaratan kelas dan pabrikan. PMS ini merupakan persyaratan mandatory atau wajib dalam ISM Code," tutur Haris.

Selaras yang disampaikan oleh Direktur Armada PT Pelni Tukul Harsono bahwa PT Pelni membutuhkan aplikasi PMS guna melakukan perubahan dalam maintenance system untuk menghadapi persaingan yang makin ketat dan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0.

"Banyak sekali perangkat yang tersedia dari suatu kapal. Oleh karena itu, adanya teknologi sistem ini akan mempermudah dan menjadi lebih efisien dalam mengoperasikannya," ujar Tukul dalam keterangan pers, Jumat (24/7/2020).

Lebih lanjut, Tukul menyampaikan bahwa sistem pemeliharaan yang efisien dan efektif dengan pengembangan aplikasi PMS ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna dengan pembaharuan data seperti informasi status pemeliharaan dan perbaikan.

"Aplikasi PMS dibangun agar dapat digunakan di lingkungan PT Pelni (Persero) dalam implementasi sistem pemeliharaan/perawatan kapal secara terencana sesuai peraturan dan ketentuan nasional dan internasional," ucap Tukul.

Sebelumnya, Sucofindo juga menjalin sinergi dengan Pelni dalam mendukung pekerjaan pengawasan bunker survey kapal untuk pengangkutan BBM. "Perjanjian kerja sama antara PT Sucofindo (Persero) dan PT Pelni (Persero) ini adalah salah satu bentuk Sinergi BUMN sebagai wujud peningkatan daya saing BUMN," ujar Haris.

"Kami berharap kehadiran Sucofindo dapat membantu proses bisnis di PT Pelni, baik dari pemastian kualitas hasil kerja, pemenuhan persyaratan kerja, maupun efisiensi biaya," tutup Haris.

Dukungan terhadap PMS berbasis teknologi dan informasi ini dilakukan oleh salah satu unit usaha Sucofindo, yaitu Sucofindo Technology, unit khusus yang dibangun untuk melayani pelanggan pada jasa pengembangan teknologi. Selain di bidang pembangunan sistem untuk solusi-solusi enterprise, Sucofindo Technology memiliki kemampuan riset dan development IOT termasuk sudah melayani para pelanggan di sektor pertambangan, kenavigasian udara, serta sektor transportasi laut. Termasuk, mengembangkan Fuel Consumption Monitoring berbasis IOT.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: