Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berdayakan Masyarakat Perkotaan, SMI Beri Pelatihan Ini

Berdayakan Masyarakat Perkotaan, SMI Beri Pelatihan Ini Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI), selaku salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), turut berpartisipasi untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan Pemerintah, terutama dalam peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Salah satu bentuk partisipasi PT SMI ini dijalankan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan Budidaya Sayur dan Ternak (Ikan) di dalam Ember (Budikdamber) serta pemberian bantuan bibit tanaman dan ikan di wilayah Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Head of Corporate Secretary SMI, Ramona Harimurti mengatakan bahwa kelurahan Pengadegan dipilih menjadi lokasi kegiatan karena kondisinya sebagai salah satu kelurahan yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi di wilayah Jakarta.

“Selain itu, minimnya ruang terbuka hijau di daerah tersebut juga menyebabkan pemanfaatan lahan sempit di sekitar hunian warga sebagai lahan budidaya menjadi sangat berarti, terutama untuk menjamin ketersediaan atas kebutuhan konsumsi protein masyarakat setempat,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: PTPP Gelontorkan Bantuan ke Korban Bandang di Kabupaten Luwu

Lebih jauh, Budikdamber dipilih karena termasuk metode budidaya yang mudah diterapkan oleh masyarakat dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam perawatannya.

Di dalam pelaksanaan kegiatan ini, PT SMI bekerja sama dengan Yayasan Bina Bangsa Berdikari (YB3), suatu organisasi non-profit yang aktif bergerak di bidang pendidikan dan ekonomi kemasyarakatan, serta kelompok tani (Poktan) Kelurahan Pengadegan.

Selain itu, pada tanggal 21 Juli 2020, PT SMI telah memberikan bantuan sarana pendukung berupa 100 paket sarana Budikdamber berupa alat menanam dan berternak ikan air tawar, 1.000 bibit tanaman dan 2.500 bibit ikan yang diserahterimakan oleh PT SMI kepada Lurah Pengadegan, sebagai penasehat Kelompok Tani setempat. Selain itu, PT SMI juga akan menyelenggarakan pelatihan serta pendampingan berkelanjutan kepada 100 warga RT 08/002, Kelurahan Pengadegan, sebagai tindak lanjut kegiatan ini.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Rajin Salurkan Bantuan Sepanjang Juli

Pelatihan Budikdamber akan dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya dengan menjaga jarak duduk sepanjang 1.5 meter, pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh peserta dan diwajibkan untuk cuci tangan dengan menggunakan sabun serta menggunakan masker selama mengikuti kegiatan.

“Kami mengharapkan program Budikdamber ini mampu memenuhi kebutuhan pangan warga setempat secara mandiri dan secara ekonomis dapat membantu meringkankan beban pengeluaran rumah tangga akibat dampak pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial PT SMI kepada pemangku kepentingan sebagai Perusahaan yang terpercaya, profesional dan mengutamakan kemanfaatan masyarakat khususnya dalam aspek sosial, lingkungan dan ekonomi,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: