Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga Minta Kebersihan di Tempat Wisata Jadi Prioritas

Sandiaga Minta Kebersihan di Tempat Wisata Jadi Prioritas Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta kepada pemerintah daerah yang wilayahnya menjadi destiansi wisata  turut serta menjaga kebersihan salah satunya  dengan mengurus sampah.

Saat melakukan perjalanan dinas menuju Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Sandiaga berhenti di sebuah lokasi perbukitan. Pemandangan asri hijaunya lembah persawahan dan kontur perbukitan membuat Sandiaga mengambil ponselnya mengabadikan momen tersebut.

Baca Juga: Sandiaga Gandeng Atta Halilintar Promosikan Desa Wisata

Namun ketika sedang ber-selfie, matanya tertuju melihat tumpukan sampah yang berserakan di tepi jalan.  Diakuinya hal Ini sangat kontras, pemandangan hijau menyejukkan mata, namun banyak sampah di sisi jalan.

"Mengganggu keindahan perjalanan menuju desa wisata," cetus Sandiaga beberapa waktu lalu. Ia pun menelpon pejabat terkait di Bima untuk bersama-sama mengatasi masalah sampah tersebut. Tak lama berselang, datang tim kebersihan dan langsung membersihkan sampah.

Banyaknya sampah di sisi jalan menuju Desa wisata Maria menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Bima.  Dalam kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Bima berjanji akan mengatasi masalah ke depan sehingga tidak mengotori sisi jalan menuju objek wisata, khususnya pada akses jalan menuju Desa Wisata Maria dan desa wisata lainnya yang ada di kabupaten Bima.

Sampah-sampah itu dibuang warga setempat ke tepi jalan karena kurangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. "Perjalanan menuju objek wisata juga sesuatu yang harus memiliki nilai jual yang membuat nyaman para palancong," tegas Sandi.

Tak hanya itu, kesertaan dan kesadaran warga setempat atau sering mengistilahkannya dengan akronim ‘Akamsi’ atau anak kampung sini memainkan peran sangat besar.

"Peran akamsi ini yang kita harapkan untuk menjaga keindahan dan kebersihan daerahnya sehingga membuat betah wisatawan," ujarnya.

Usai menyelesaikan masalah sampah melanjutkan perjalanan menuju Desa Wisata Maria. Sandiaga juga mengajak selebritas Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Desa Wisata Maria, termasuk mengajak desa-desa wisata lainnya di Nusa Tenggara Barat serta Indonesia pada umumnya untuk ikut serta di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: