Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bamsoet Dorong Museum Penanggulangan Terorisme Jadi Objek Wisata

Bamsoet Dorong Museum Penanggulangan Terorisme Jadi Objek Wisata Kredit Foto: Humas MPR
Warta Ekonomi, Denpasar -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai museum penanggulangan terorisme, Prakasa Rucira Garjita, yang berada di Jalan Tohpati, Denpasar, Bali, bisa menjadi objek wisata menarik bagi turis.

Museum pertama tentang penaggulangan terorisme di Indonesia, yang dibangun Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Galose pada 2019, menyimpan banyak peninggalan barang-barang yang dipakai Satgas antiteror Densus 88, BNPT, dan seluruh stakeholder kepolisian daerah Bali dalam menangkap teroris Bom Bali, seperti Imam Samudera, Amrozi, Ali Ghufron hingga Dr Azhari.

Museum ini menjadi memori kolektif bangsa melawan terorisme dalam kurun waktu 2002-2019. Di sini menyimpan perangkat digital forensik maupun persenjataan yang dipakai para penegak hukum dalam membekuk para teroris.

Baca Juga: Mahfud Preteli Dosa-dosa Djoko Tjandra, Harus Dihukum Berat!

Terdapat duplikat mobil L 300 warna putih berisi bom dan TNT seberat 1 ton yang dipakai saat serangan teror di Sari Club dan Paddy’s Legian, Kuta,12 Oktober 2002 malam. Serta sepeda motor Yamaha F1Z R warna merah yang digunakan teroris Ali Imron untuk melakukan survei lokasi, sebelum meledakan bom di Legian atas perintah trio Imam Samudra, Amrozi, dan Ali Gufron. 

"Bahkan ada video penggerebekan Tim Kepolisian yang saat itu diperkuat Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, dan Rycko Amelza Dahniel dalam membekuk buronan teroris internasional Dr Azhari di Batu, Malang pada 2005. Kini ketiga personel kepolisian tersebut sudah menjadi orang hebat. Pak Tito menjadi Kapolri hingga Menteri Dalam Negeri, Pak Petrus menjadi Kapolda Bali, dan Pak Ryco menjadi Kabaintelkam Mabes Polri. Bahkan anggota Densus lainnya, Idham Azis kini jadi orang nomor satu di Polri (Kapolri)," ujar Bamsoet saat mengunjungi Museum Prakasa Rucira Garjita, di Bali, Sabtu (1/8/2020).

Turut hadir Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Galose, Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol Ardiansyah Daulay, dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Wisnu Putra.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: