Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bea Cukai Berdialog dengan Bupati Manggarai Barat Soal Pariwisata

Bea Cukai Berdialog dengan Bupati Manggarai Barat Soal Pariwisata Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo, beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Manggarai Barat pada Rabu (15/7/2020) lalu guna membahas peran Bea Cukai dalam mendukung pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Manggarai Barat.

"Bea Cukai akan berupaya mendorong Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang salah satu prioritasnya adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas yang di antaranya dilakukan dengan cara meningkatkan nilai tambah pariwisata nasional," ungkap Tommy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Bea Cukai Teken LOCA Pelayanan Angkutan Udara Bandara Adisutjipto

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula, yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marthinus Ban, mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Bea Cukai Maumere. Ia menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Manggarai Barat bahu-membahu dengan pemerintah pusat dalam berbagai program proyek pengembangan industri pariwisata di Labuan Bajo.

"Diharapkan membawa efek domino peningkatan ekonomi di berbagai sektor di wilayah Manggarai Barat, termasuk menumbuhkan kegiatan ekspor hasil pertanian dan perkebunan," kata Agustinus Ch. Dula.

Menurut Tommy, potensi pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Labuan Bajo sangat tinggi walaupun saat ini sedang terdampak wabah Covod-19. Selain itu, peningkatan infrastruktur seperti rencana pengembangan Bandar Udara Komodo menjadi Bandara Internasional dan Proyek Marina Bay untuk pelabuhan yacht dan kapal pesiar tentunya menuntut kehadiran Bea Cukai dalam penanganan penumpang, barang, dan sarana pengangkut yang datang dari luar negeri.

"Kesiapsiagaan dan kewaspadaan Bea Cukai Maumere sangat dibutuhkan agar pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dapat berjalan efektif dan efisien guna mendukung keberhasilan agenda pembangunan nasional, khususnya terhadap pengembangan Labuan Bajo," ujar Tommy.

Tommy menyampaikan, Bea Cukai Maumere telah melakukan perbaikan dan peningkatan sarana penunjang pelaksanaan tugas Bea Cukai Maumere di Labuan Bajo seperti pembangunan gedung lantai dua pos pengawasan bea cukai; penempatan dua kapal patroli laut; penambahan SDM yang bertugas di pos pengawasan Labuan Bajo; dan melengkapi sarana penunjang kantor lainnya mengingat terjadinya peningkatan jumlah pengawasan dan pelayanan di bidang kepabenan dan cukai di Labuan Bajo. Namun tentunya, hal-hal tersebut ke depannya tidak akan cukup sehingga perlu dilakukan antisipasi atau persiapan agar dapat memenuhi tuntutan dari perkembangan yang akan terjadi.

Bupati Agustinus Ch. Dula juga menyampaikan siap bekerja sama dengan Bea Cukai untuk menyukseskan program pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi di wilayahnya. Ia meminta agar Bea Cukai dapat segera menyampaikan hal-hal apa saja yang dapat dibantu oleh Pemda Manggarai Barat dan selanjutnya akan segera memerintahkan jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan Bea Cukai guna membahas hal-hal yang diperlukan sehingga terciptanya sinergi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: