Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Miris! Dolar AS & Asia Ramai-Ramai Balas Dendam, Rupiah Dibungkam

Miris! Dolar AS & Asia Ramai-Ramai Balas Dendam, Rupiah Dibungkam Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sang jawara Asia, rupiah, akhirnya tumbang di hadapan banyak mata uang pada Selasa, 4 Agustus 2020 sore. Bukan hanya tumbang, rupiah bahkan tenggelam menjadi yang terlemah se-Asia dan bergerak nyaris ke Rp14.700 per dolar AS.

Baca Juga: Terbaik di Asia, Rupiah Pasang Badan Lawan Dolar AS

RTI mencatat, sampai pukul 14.32 WIB, nilai tukar rupiah terkontraksi -0,50% ke level Rp14.670 per dolar AS. Sebelumnya, rupiah bahkan jatuh ke level terdalamnya di angka Rp14.675 per dolar AS. Rupiah pun harus keok di hadapan dolar Australia (-0,67%), euro (-0,63%), dan poundsterling (-0,56%).

Baca Juga: Kemarin Dihajar Habis-Habisan, IHSG Balas dengan Kemenangan!

Mirisnya lagi, semua mata uang Asia juga kompak membuat rupiah terdepresiasi signifikan. Tanpa ampun, rupiah dibuat tunduk oleh baht (-0,77%), dolar Singapura (-0,59%), ringgit (-0,55%), dolar Taiwan (-0,53%), yen (-0,52%), dolar Hong Kong (-0,42%), yuan (-0,38%), dan won (-0,33%). 

Sementara rupiah tak berdaya, sebagian besar mata uang Asia justru tengah perkasa atas dolar AS. Dipimpin baht, mata uang Benua Kuning yang menguat terhadap dolar AS adalah dolar Taiwan, dolar Singapura, yen, dan dolar Hong Kong. Sementara itu, won dan yuan bergabung bersama rupiah menjadi mata uang yang melemah atas dolar AS.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: