Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hubungan AS-China Tamat! Dolar AS Melonjak Jauh di Atas Rp14.210, Rupiah Skakmat!

Hubungan AS-China Tamat! Dolar AS Melonjak Jauh di Atas Rp14.210, Rupiah Skakmat! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketegangan AS-China kembali yang ditandai dengan adanya pernyataan dari penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, bahwa perjanjian dagang kedua negara telah berakhir. Hal itu diklaim sebagai konsekuensi dari sikap China ihwal penanganan virus corona.?

"Ini (kesepakatan dagang) telah berakhir. Mereka pada saat itu telah mengirim ratusan ribu orang ke negara ini untuk menyebarkan virus. Dan hanya beberapa menit setelah roda pesawat (yang mereka tumpangi) lepas landas, kita mulai mendengar tentang pandemi ini," tegasnya seperti dikutip dari Reuters, Jakarta, Selasa (23/06/2020).

Baca Juga: Rupiah Jatuh di Hadapan Mata Uang Asia dan Global, Dolar AS Dibanderol Rp14.230 Lebih!

Pecahnya amarah AS tersebut menjadi momok bagi paleku pasar sehingga menjadi sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi. Alhasil, aset-aset berisiko pun banyak ditinggalkan, termasuk rupiah yang lagi-lagi tertekan secara global.

Baca Juga: Rupiah: Lawan Dolar AS Keok, Lawan Mata Uang Global Terseok-Seok!

Dilansir dari RTI, hingga pukul 09.45 WIB, dolar AS membuat rupiah skakmat dan terkoreksi -0,50% ke level Rp14.213. Bahkan, beberapa saat sebelumnya rupiah jatuh ke level terdalam di angka Rp14.216 per dolar AS. Rupiah juga apes karena melemah di hadapan dolar Australia (-0,59%), poundsterling (-0,52%), dan euro (-0,43%).?

Mayoritas mata uang Asia juga ikut memborbardir rupiah, misalnya dolar Hong Kong (-0,38%), dolar Taiwan (-0,38%), yuan (-0,35%), dolar Singapura (-0,34%), won (-0,34%), ringgit (-0,30%), dan yen (-0,13%). Hanya ada baht yang mampu ditaklukkan rupiah sebesar 0,89%.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: