Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Blended Learning Metode Pembelajaran Efektif saat Pandemi Covid-19

Blended Learning Metode Pembelajaran Efektif saat Pandemi Covid-19 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak kurang lebih satu tahun lalu telah mengubah cara hidup masyarakat termasuk metode pembelajaran bagi sekolah dan anak. Jika dahulu kegiatan belajar-mengajar lazim dilakukan secara tatap muka, namun akibat pandemi muncul metode dalam jaringan (daring) atau online.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan hasil evaluasi pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mendapat keluhan dari para siswa. Salah satunya mereka merasa jenuh sehingga diharapkan materi pelajaran lebih memuat konten animasi dan kontekstual.  Baca Juga: Transaksi Biaya Pendidikan Tokopedia Naik Hingga 4x Lipat

Ternyata, metode pembelajaran daring ini juga mendorong konsep blended learning atau campuran antara online dan luar jaringan (luring) lahir lebih cepat dari yang direncanakan pemerintah. 

"Selain itu, kesanggupan siswa dalam mengikuti pelajaran hanya 1-4 jam. Maka kita akan kita adopsi, insya Allah dalam waktu dekat," kata Dedi kepada wartawan di Bandung, Rabu (10/2/2021).

Dedi mengaku pola penggabungan pembelajaran offline dengan online sudah berjalan sejak September 2020. Ke depan akan ada pola pembelajaran baru sehingga tidak membosankan para siswa.

"Pola PJJ masih berjalan tapi  kurikulumnya yang harus kita lakukan penyederhanaan seperti kurikulum Masagi yakni banyak menampilkan animasi gambar dalam rangka membangkitkan semangat belajar siswa. Ternyata asik belajarseperti itu," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: