Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Covid-19 Bikin Angka Kelahiran Jabar Naik?

Pandemi Covid-19 Bikin Angka Kelahiran Jabar Naik? Kredit Foto: Freepik.
Warta Ekonomi, Bandung -

Angka kelahiran di Jawa Barat diprediksi mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Meski demikian, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat mengaku belum mengetahui data pasti angka kelahiran naik selama pandemi Covid-19. Yang pasti, lanjut dia, kemungkinan besar angka kelahiran di Jabar naik.

"Secara angka absolute kita belum mendapatkan, tapi secara tanda-tanda sebetulnya ada peluang kemungkinan bertambahnya angka kelahiran di Jawa Barat," kata Kepala BKKBN Jabar, Uung kepada wartawan di Bandung, belum lama ini.

Uung menyebutkan selama pandemi Covid-19 berlangsung, akses pelayanan Keluarga Berencana (KB) terganggu hampir 50 persen sehingga berpotensi meningkatnya angka kelahiran.

Baca Juga: Command Center Holding BUMN Farmasi Bakal Pantau Distribusi Vaksin Covid-19

Selain itu, faktor angka kehamilan bisa meningkat dikarenakan tutupnya pelayanan KB di Puskesmas dan Posyandu yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Posyandu juga di tutup karena kita menghindari adanya kerumunan dan kelompok di desa-desa juga ditutup untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

Menanggapi kondisi tersebut, BKKBN Jabar  memiliki strategi baru dengan mendistribusikan alat kontrasepsi sederhana kepada keluarga yang memerlukan dan melindungi dari kehamilan berbentuk pil dan kondom.

Uung menambahkan pemerintah telah menawarkan Program Bangga Kencana melalui BKKBN berdasarkan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang membentuk keluarga yang berkualitas.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: