Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Sebut Bisnis Data Center Tumbuh di Jawa Barat

PLN Sebut Bisnis Data Center Tumbuh di Jawa Barat Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pandemi Covid 19 berimbas pada meningkatnya penggunaan internet masyarakat. Hal ini kemudian berdampak pada tumbuhnya bisnis data center, khususnya di wilayah Jawa Barat

PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat mencatat peningkatan pasang baru listrik untuk pembangunan data center di Provinsi Jawa Barat. Pada periode Juli sampai September 2020, jumlah daya listrik yang telah menyala untuk bisnis data center di Jawa Barat mencapai 48.930 kVA. 

"Angka ini menjadikan perusahaan data center sebagai pelanggan yang mendominasi pasang baru untuk segmen bisnis tegangan menegah," kata GM PLN UID Jabar, Agung Nugraha kepada wartawan, Senin (5/10/2020). Baca Juga: PLN Hidupkan Kembali Listrik Terdampak Banjir di Ambon

Kenaikan tersebut, termasuk dengan pelanggan data center tersebut, total sebanyak 22 pelanggan industri dan bisnis Tegangan Menengah berbagai jenis telah selesai pemasangan baru listriknya untuk periode Juli hingga akhir September 2020 dengan total kapasitas mencapai 119.545 kVA.  Baca Juga: SUTET Tambun Rampung, PLN Jamin Listrik Jakarta dan Sekitarnya Tak Biarpet

"Segmen industri terdiri dari industri otomotif, semen, peleburan biji besi, pengolahan briket dari kelapa, pengolahan kayu, pengolahan air bersih, dan peralatan manufaktur. Sedangkan untuk sektor bisnis selain data center adalah pergudangan dan apartemen," ungkapnya.

Dia menjelaskan, PLN UID Jawa Barat juga telah selesai melakukan penyalaan pada sejumlah industri tekstil dan pengolahan makanan yang mendaftar tambah daya listrik Tegangan Menengah pada periode Juli sampai September 2020. Kapasitas daya untuk 8 industri tekstil yang tambah daya tesebut kini menjadi 13.190 kVA dan 11 industri pengolahan makanan dayanya menjadi 56.896 kVA.  

"Industri tekstil tersebut tersebar lokasinya mulai dari Majalaya,Cimahi, hingga Gunung Putri, dengan delta penambahan daya sebesar 5.000 kVA. Adapun industri bahan, kemasan dan pengolahan makanan berada di Karawang, Depok, Cirebon, Bekasi, dan  Majalaya, dengan delta penambahan daya sebesar 18.661 kVA," jelasnya.

Sementara itu, di tengah pandemi yang masih melanda, puluhan pelanggan industri di bidang lain juga mulai meningkatkan kapasitas listriknya seperti industri keramik, otomotif, alat berat, mesin, genteng, penggilingan karet, pengolahan rotan, dan farmasi. Ada pula pelanggan bisnis seperti super market, hotel, dan apartemen yang mulai bertahap melakukan tambah daya. Tercatat total 59 pelanggan industri dan bisnis Tegangan Menengah yang melakukan tambah daya di trimester ke 3 tahun 2020, kini kapasitasnya menjadi 131.479 kVA, dengan delta daya 62.428 kVA.

"PLN UID Jawa Barat berkomitmen untuk menyediakan listrik yang andal bagi para pelaku industri dan bisnis sebagai wujud dukungan PLN menjadi destinasi wisata dan industri di Jawa Barat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: