Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puncak Arus Balik Libur Nataru, 16 Ribu Penumpang KAI Tiba di Jakarta Hari Ini

Puncak Arus Balik Libur Nataru, 16 Ribu Penumpang KAI Tiba di Jakarta Hari Ini Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 terjadi pada Minggu (3/1/2020). Penumpang Kereta Api Indonesia (KAI) pun berdatangan ke sejumlah stasiun di Jakarta.

"Masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta sudah mulai terjadi arus kedatangan penumpang KA. Hari ini dan Senin 4 Januari 2021 menjadi puncak arus balik di wilayah Daop 1 Jakarta," kata Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto dalam keterangan resmi di Jakarta, dilansir dari Antara, Minggu (3/1/2020). Baca Juga: Puncak Arus Balik Libur Nataru Diprediksi Terjadi Besok

Ia mengatakan, pada Minggu terdapat sekira 16 ribu pengguna jasa tiba di area Daop 1 Jakarta. Sementara untuk Senin 4 Januari 2021 tercatat sekira 15 ribu lebih penumpang KA jarak jauh, yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta. 

Kedatangan penumpang di area Daop 1 Jakarta itu di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Jatinegara yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Baca Juga: Ahli Epidemi: Habis Liburan Panjang, Wisatawan Mesti Lakukan Hal Ini

Ia juga mengemukakan pada puncak arus balik Minggu (3/1/2020) terdapat 39 KA yang tiba di Daop 1 Jakarta. Sebanyak 22 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 17 KA di Stasiun Gambir.

Sementara itu, pada hari Senin 4 Januari 2021 terdapat 37 KA. Sebanyak 21 KA tiba di Stasiun Pasar Senen dan 16 KA di Stasiun Gambir.

Sepanjang masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 atau 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, Daop 1 Jakarta secara total telah memberangkatkan 125.131 penumpang kereta api dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Eko Purwanto memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat, itu berdasarkan berkas rapid Antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku tiga hari.

Selain itu, lanjut dia, kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan disepanjang perjalanan KA secara berkala hingga tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal.

"Hal itu merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA di seluruh stasiun keberangkatan KA," katanya.

Ia menyampaikan penumpang yang tidak dapat memenuhi dua syarat protokol kesehatan dipastikan tidak dapat melakukan perjalanan KA.

"Meski pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 jumlah pengguna mengalami peningkatan, Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin baik untuk penumpang dan petugas," katanya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: