Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jutaan Tenaga Kesehatan Akan Suntik Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama

Jutaan Tenaga Kesehatan Akan Suntik Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 1,2 juta tenaga kesehatan, yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi virus Corona di Indonesia, akan menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dimulai Rabu (13/1).

"Saat ini sudah ditetapkan, ada 1,2 juta orang tenaga kesehatan yang jadi sasaran prioritas. Mulai hari ini (Rabu) akan divaksinasi sesuai sasaran yang ada di setiap wilayah," kata Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Halik Malik, seperti dikutip ANTARA, Rabu.

Baca Juga: Vaksinasi Dimulai, Fahira Idris: Kampanyekan dengan Persuasif, Simpatik, dan Kreatif

Halik menyampaikan, tenaga kesehatan merupakan kelompok yang rentan terhadap virus Corona. Karena berada di garda terdepan sehingga menjadi yang diprioritaskan.

"Perlu dipastikan mereka mendapat perlindungan yang baik. Salah satunya, memiliki kekebalan terhadap Covid-19," ujarnya.

Untuk tata laksana vaksinasi, para tenaga kesehatan diharapkan mendaftar melalui aplikasi PeduliLindungi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di sana, tenaga kesehatan akan mendapatkan jadwal dan juga tempat melakukan vaksinasi.

"Yang sudah terdaftar bisa mengikuti sesuai jadwal yang ada. Bisa di rumah sakit, Puskesmas atau pos-pos vaksinasi lainnya yang telah ditetapkan pemerintah," jelas Halik.

PB IDI mengimbau kepada seluruh dokter dan anggota IDI untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19. "Demi terbentuknya kekebalan, sehingga dapat mengurangi angka kematian dokter," katanya.

Halik juga menyampaikan kepada masyarakat, bahwa vaksin Covid-19 sudah melewati proses yang panjang, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, vaksin tersebut juga sudah mendapat sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang terjamin halal.

"Karena itu, tidak ada keraguan lagi. Semua pihak diminta meyakini kualitas vaksin yang ada dan bersama-sama menyukseskan vaksinasi Covid-19," ujar Halik. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: