Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Resmikan neuCentrIX di Hong Kong

Telkom Resmikan neuCentrIX di Hong Kong Kredit Foto: Warta Ekonomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) meresmikan beroperasinya data center neuCentrIX (neutral cloud and internet exchange) di Hong Kong.

"Dengan beroperasinya neuCentrIX Hong Kong menandai keberadaan neuCentrIX milik Telkom Group di 12 kota domestik dan global," tutur Abdus Somad Arief selaku Direktur Wholesale & International Service, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Menurutnya, data center neuCentrIX sebelumnya telah beroperasi di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Manado dan Singapura. Abdus Somad Arif yang akrab disapa Asa ini, menjelaskan bahwa neuCentrIX adalah layanan data center yang dikelola oleh Telkom Group baik di domestik oleh Telkom Sigma maupun di luar negeri oleh Telin Group.

"NeuCentrIX menghadirkan data center yang terkoneksi secara mulus baik domestik maupun global. Penyedia konten domestik cukup menggunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dan dapat merasakan manfaat akses global," ujarnya.

Disamping itu neuCentrIX merupakan data center netral yang memiliki koneksi ke berbagai penyedia jasa dan jaringan dari seluruh dunia. Sementara itu, CEO Telin Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan neuCentrIX Hong Kong dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional untuk mengakomodir peluang pasar konten provider di regional yang berkeinginan terhubung dengan 260 juta masyarakat Indonesia, serta jutaan lainnya melalui keberadaan 65 point of presences di seluruh penjuru dunia yang dikelola Telin Group.

"Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia. Karenanya, peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia", pungkas Faizal.

Menurut catatan, Telkom Group saat ini memiliki kapasitas data center 102.2 ribu meter persegi terbagi atas domestik (52.200 meter persegi) dan internasional (50.000 meter persegi). Lokasi untuk domestik ada di 10 titik, sementara internasional ada tiga, di Singapura dan di Hong Kong.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Hafit Yudi Suprobo

Bagikan Artikel: