Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penyitaan Mobil Mewah, IPW: DPR Kok Gitu?

Penyitaan Mobil Mewah, IPW: DPR Kok Gitu? Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, mempertanyakan sikap pimpinan Komisi III DPR yang malah mengecam aksi perburuan mobil mewah oleh Polda Jawa Timur.

Neta menilai Polda Jatim tidak perlu takut untuk bertindak tegas meski ada tudingan Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni bahwa tindakan Polisi sewenang-wenang. IPW mendorong Polri agar tidak takut tekanan dari pihak manapun.

Baca Juga: Polda Jatim Sita Mobil Mewah, Kapolda Bilang Instruksi Jokowi

"Tujuannya agar pemilik mobil mewah itu taat peraturan. Jika para pemilik mobil mewah itu merasa benar dan diperlakukan tidak adil oleh polisi, mereka bisa mengadu ke propam atau bahkan mempraperadilankan Polda Jatim," ujar Neta di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

IPW berharap semua pihak terutama DPR RI dan DPRD Jawa Timur mendukung sikap tegas jajaran kepolisian agar ketertiban dan ketaatan membayar pajak tidak diabaikan. Bukan sebaliknya. Menurutnya, sikap Polda Jatim sangat tegas dan patut mendapat apresiasi karena mobil mewah tersebut langsung diangkut ke Polda Jatim.

"Ada tiga alasan yang membuat Polda Jatim bertindak tegas. Pertama, adanya kasus mobil mewah yang terbakar di jalanan Surabaya. Antisipatif memang harus dilakukan polisi karena kasus mobil terbakar di jalanan tentu sangat berbahaya," ujarnya. 

Kedua, kata Neta, ada dugaan bahwa mobil mewah tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Ketiga, diduga banyak mobil mewah yang tidak bayar pajak alias pemiliknya mengemplang pajak.

"Seharusnya semua Polda di Indonesia mengikuti langkah tegas yang dilakukan Polda Jatim agar para pemilik mobil mewah tidak bersikap sesukanya," kata dia.

Sebelumnya, menanggapi tindakan Polda Jatim, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengingatkan agar pemeriksaan terhadap sejumlah mobil mewah di Surabaya, Jawa Timur tidak sewenang-wenang. Politisi Nasdem itu menyebutkan adanya sejumlah indikasi kesewenang-wenangan aparat.

Sebaliknya, saat dihubungi wartawan, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangenra enggan menanggapi ucapan Ahmad Sahroni, politisi yang juga punya banyak mobil mewah.

Menurutnya, jika Sahroni memiliki bukti adanya kesewenang-wenangan petugas dalam kasus ini, Polri terbuka menerima. Frans menegaskan, pihaknya akan tetap memproses kasus ini meski Sahroni mempertanyakannya.

"Ya Pasti (ditindaklanjuti). Sudah ada lima (kendaraan) yang tidak terdaftar," tegasnya. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: