Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terima Menlu Malaysia, Jokowi: Kerja Sama demi Kesejahteraan Kawasan

Terima Menlu Malaysia, Jokowi: Kerja Sama demi Kesejahteraan Kawasan Kredit Foto: Instagram/Jokowi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Saifuddin Abdullah di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (18/10/2021)

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan Malaysia adalah tetangga dekat Indonesia dan hubungan kedua negara penting untuk terus ditingkatkan.

Baca Juga: Jokowi Dipuji-puji Utusan Amerika John Kerry, Setelah Dikepoin Eh Ternyata...

"Indonesia dan Malaysia akan dapat terus meningkatkan kerja sama. Tidak saja untuk kepentingan bilateral kita namun juga untuk perdamaian dan kesejahteraan Kawasan," ujar Jokowi.

Setelah pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut hadir mendampingi Jokowi mengatakan bahwa PM Malaysia Dato Sri Ismail Sabri Yakoob merencanakan akan berkunjung ke Indonesia bulan November yang akan datang.

Jokowi kata Retno juga menyambut baik rencana kedatangan PM Sabri . Retno menuturkan kunjungan tersebut menunjukkan kuatnya hubungan kedua negara dan akan digunakan tidak saja membahas hubungan bilateral, namun juga isu-isu kawasan dan global.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kedua negara perlu untuk mulai mempersiapkan perjalanan yang aman termasuk untuk pelaku bisnis, tentunya dengan terus memperhatikan faktor kesehatan dan kondisi Covid-19.

Oleh karena itu, Jokowi kata Retno mengharapkan dalam kunjungan PM Malaysia, kedua pihak dapat disepakati pengaturan koridor perjalanan (travel corridor arrangement), saling pengakuan sertifikat vaksin, dan saling mengenali sistem yang dipakai kedua negara.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Jokowi kata Retno juga menekankan kembali pentingnya isu pelindungan WNI di Malaysia dan akan terus memberikan perhatian terhadap isu tersebut.

"Hal ini selalu menjadi perhatian Presiden Jokowi setiap bertemu dengan PM Malaysia karena jumlah mereka yang cukup banyak dan pelindungan terhadap warga negara Indonesia di Malaysia selalu menjadi prioritas Presiden Jokowi," ucap Retno.

"Presiden mengharapkan kerja sama untuk perlindungan ini semakin diperkuat," sambungnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: