Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Amien Rais Sudah Tahu Jokowi Bakal Pilih Listyo Sigit Prabowo?

Amien Rais Sudah Tahu Jokowi Bakal Pilih Listyo Sigit Prabowo? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Mahfud MD, telah mengumumkan lima nama calon Kapolri pengganti Idham Aziz. Lima nama itu adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Gatot Edy Pramono, Komjen Boy Rafly Amar, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Kelima nama itu telah diserahkan Kompolnas ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seiring menjelang Idham Aziz memasuki masa pensiunnya pada 1 Februari 2021 nanti, nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menguat sebagai calon Kapolri.

Baca Juga: Pesan Politikus PDIP jika Benar Listyo Sigit Prabowo Kapolri: Rangkul...

Banyak yang memprediksi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Aziz. Salah satunya mantan Ketua MPR Amien Rais.

"Saudara-saudaraku, saya akan bikin video, cepat sekali. Jadi, kita tahu akan ada Kapolri baru, dan banyak spekulasi nama-nama beredar, ada tujuh, sekarang tinggal tiga, dan lain-lain. Tapi kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi yaitu Kabareskrim sekarang ini, yaitu Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," kata Amien dalam video berjudul 'Siapa Kapolri Baru?' yang diunggah melalui Channel YouTube Amien Rais Official, Rabu, 30 Desember 2020.

Selain Amien Rais, prediksi serupa disampaikan oleh Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (Sudra), Fadhli Harahab.

"Kenapa Sigit? Tebakannya cukup sederhana. Saya menduga internal Polri ingin mengembalikan tradisi Kabareskrim menjadi Kapolri. Tradisi ini sudah lama hilang setelah Pak Tito menjadi Kapolri. Beliau (Tito Karnavian-red) ditunjuk jadi Kapolri bukan dari karier Kabareskrim, tapi Kepala BNPT waktu itu," kata Fadhli saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/1/2021).

Pengamat intelijen dan Keamanan Stanislaus Riyanta juga menyampaikan hal senada. Stanislaus meyakini Presiden Jokowi sudah mengantongi satu nama pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis, yaitu Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: