Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komjen Listyo Sigit Prabowo Hingga Luhut Raih 'Top 10 Most Outstanding People'

Komjen Listyo Sigit Prabowo Hingga Luhut Raih 'Top 10 Most Outstanding People' Kredit Foto: Infobank
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit mendapat penghargaan Top 10 Most Outstanding People. Dia terpilih karena dinilai berhasil membenahi dan membawa institusi Bareskrim Polri makin profesional, juga keberaniannya dalam mengungkap kasus besar.

Penghargaan diberikan dalam agenda webinar 'Executive Lecture: Membangun Manusia Indonesia yang Sehat, Humanis, Profesional, dan Berintegritas' pada Kamis (26/11/2020). Agenda diselenggarakan secara virtual.

Baca Juga: Napoleon Seret Namanya, Listyo Sigit Prabowo: Faktanya...

"Top 10 Most Outstanding People adalah daftar 10 tokoh nasional yang luar biasa. Mereka dipilih karena memiliki peran di bidangnya dengan dedikasi maupun kemampuan yang luar biasa dan dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain," kata Ketua Dewan Redaksi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B Supriyanto, dalam sambutannya.

Nama Komjen Listyo Sigit dipilih karena sejumlah alasan. Dia dinilai berhasil membenahi institusi Bareskrim secara profesional. Hasilnya dibuktikan dengan kebehasilan menangkap buron 11 tahun kasus Bank Bali Djoko Tjandra bahkan turut membongkar oknum jenderal yang terlibat kasus Djoko Tjandra.

Tak hanya itu, mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga dinilai berhasil membenahi tata kelola pertambangan timah di sejumlah lokasi pertambangan yang sebelumnya dilaporkan ada praktik kartel dan monopoli.

Dalam sambutannya, Komjen Listyo Sigit mengaku bersyukur. Bagi mantan Kadiv Propam Polri dan mantan Kapolda Banten ini, penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya semata, tetapi juga untuk Polri, khususnya jajarannya di Bareskrim.

"Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa, saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh Infobank. Saya juga menyampaikan permohonan maaf kami tidak bisa hadir secara langsung untuk mengikuti acara ini karena kebetulan kami saat ini masih mengikuti acara Asean Ministerial Meeting on Transnational Crime ke-14 yang diikuti secara langsung oleh kepala kepolisian di tingkat negara-negara ASEAN," kata Komjen Listyo Sigit.

Dia melanjutkan, "Bagi kami penghargaan ini sungguh merupakan sebuah kehormatan, bukan hanya bagi saya, tetapi juga bagi institusi Polri khususnya jajaran Bareskrim."

Ke-10 tokoh yang terpilih dalam penghargaan ini memiliki latar belakang dan pengabdian yang berbeda-beda, baik di bidang sosial, politik, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan pers. Mereka dinilai memiliki komitmen tinggi dan sangat kapabel di bidangnya. Karena tanggung jawab dan integritasnya, mereka dipandang positif oleh masyarakat sehingga memiliki social trust yang tinggi.

"Antusiasme mereka untuk kemajuan bangsa tak hanya memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di negeri ini, tapi juga mampu memberikan inspirasi bagi orang lain untuk turut membangun negeri ini," jelas Eko.

Berikut ke-10 tokoh yang masuk daftar Top 10 Most Outstanding People:

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan;

2. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo;

3. Kabareskrim Polri Komjen Drs. Listyo Sigit Prabowo;

4. Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan;

5. Founder PaninBank Mu'min Ali Gunawan;

6. Mantan Direktur Utama BRI Sofyan Basir;

7. Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei;

8. Ketua Umum Gerakan Pakai Masker (GPM) Sigit Pramono;

9. Jurnalis senior dan Dubes RI di Singapura Suryopratomo;

10. Pendiri sekolah gratis Undang Suryawan.

Pemberian penghargaan Top 10 Most Outstanding People tahun ini memasuki tahun ketiga. Pemberian penghargaan pertama kali digelar pada 2018 di Grand Hyatt Hotel, Jakarta. Penerima penghargaan saat itu di antaranya Presiden Jokowi, mantan Wapres Boediono, Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, dan founder Gojek Nadiem Makarim.

Sementara, pemberian penghargaan tahun kedua digelar 2019 di Financial Club Graha Niaga, Jakarta. Penerima penghargaan saat itu di antaranya Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Direktur Utama Bulog Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Pemberian penghargaan pada 2020 ini dilakukan secara daring karena adanya kebijakan social distancing akibat pandemi Covid-19. "Semoga pemberian penghargaan secara virtual ini tidak mengurangi penghormatan dan apresiasi kami kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar dan inspirasi untuk bangsa ini," tutup Eko.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: