Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Karena Alasan Ini, Jokowi Tegaskan Jepang Mitra Penting Indonesia

Karena Alasan Ini, Jokowi Tegaskan Jepang Mitra Penting Indonesia Kredit Foto: Antara/HO/Setpres-Muchlis Jr
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengaku mendapatkan kehormatan atas kunjungan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga ke Tanah Air. Kunjungan ini dianggap spesial lantaran kedatangan Suga ke Indonesia merupakan lawatan yang kedua, dari sebelumnya ke Vietnam terlebih dulu.

"Hal ini menunjukkan arti penting Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Ini juga merefleksikan komitmen bersama untuk terus memperkokoh kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: PM Jepang Dukung Konsep Indopasifik, Segera Mengadopsi

Menurut Jokowi, di tengah dunia yang penuh ketidakpastian, justru Indonesia dan Jepang saling mendukung. Jokowi menyatakan, Negeri Matahari Terbit itu adalah mitra penting.

"Sejak awal pandemi Jepang merupakan mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi termasuk evakuasi 69 ABK dari kapal Diamond Princes di Yokohama. Dan saya menyambut baik telah ditandatangani memorandum kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober lalu," ujar Jokowi.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengaku mendapat sambutan hangat dari Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan kali ini. Indonesia, bagi Suga, adalah negara besar yang dikunjunginya sejak menggantikan Shinzo Abe, September lalu.

"Saya menekankan tekad Jepang untuk memprakarsai upaya-upaya berkontribusi untuk perdamaian dan kesejahteraan di kawasan. Dengan menyebutkan ASEAN memainkan peran penting dalam mewujudkan Indo-Pacific yang bebas dan terbuka," kata Suga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: