Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penyaluran Banpres untuk UMKM Sudah 64,5 Persen

Penyaluran Banpres untuk UMKM Sudah 64,5 Persen Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Staf Khusus Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Riza Damanik mengatakan, hingga 21 September 2020 bantuan presiden (Banpres) sudah disalurkan kepada 5,9 juta penerima.

Jumlah tersebut, kata Riza, sekitar 64,5 persen dari target pemerintah sebanyak 9,1 juta penerima dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19. Baca Juga: Rajin-rajin Cek Rekening, Jokowi Sudah Transfer Banpres Rp14,5 T!

"Per 21 september, 64,5 persen itu sudah terserap dengan nilai Rp14 triliun lebih kepada 5,9 juta tadi," terang Riza dalam kegiatan Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk `Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi`pada Selasa (22/9).

"Insya allah besok akan tersalur ke 1,7 juta penerima dengan nilai Rp4,2 triliun. Kalau terserap besok, kita sudah terserap 72,85 persen," sambung dia.

Riza menargetkan penyaluran Banpres tahap pertama akan tersalurkan seluruhnya kepada 9,1 juta penerima, sebelum masa penyalurannya berakhir pada 30 September 2020 mendatang.

"Dan setelah September, kami akan berkonsentrasi pada target 12 juta penerima. Berarti kurang 3 juta lagi," ujar Riza.

Sementara itu, Direktur Usaha Mikro Bank BRI Supari mengatakan pihaknya sudah menyalurkan Banpres kepada hampir 2 juta UMKM terdampak Covid-19, sejak program tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: