Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Bankir Investasi?

Apa Itu Bankir Investasi? Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bankir investasi adalah individu yang sering bekerja sebagai bagian dari lembaga keuangan dan terutama berkaitan dengan peningkatan modal untuk perusahaan, pemerintah, atau entitas lain. 

Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bankir investasi adalah perusahaan yang melakukan kegiatan sebagai agen atau penanggung dan bertindak sebagai penengah antara penerbit sekuritas dan masyarakat umum yang melakukan investasi; bankir investasi, selaku manajer atau anggota suatu kelompok perbankan investasi, dapat melakukan pembelian langsung sekuritas dari penerbit dan menjualnya kepada para dealer dan investor.

Baca Juga: Apa Itu Bank Umum?

Apabila bankir investasi berafiliasi dengan perusahaan, ia akan membantu dalam transaksi keuangan yang besar dan rumit. Termasuk menyusun akuisisi, merger, atau penjualan untuk klien atau kelompok klien. Adapun tugas inti juga mencakup penerbitan sekuritas sebagai cara untuk mengumpulkan uang. Seperti melibatkan pembuatan dokumentasi terperinci untuk Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), yang diperlukan bagi perusahaan untuk go public.

Seorang bankir investasi dapat menghemat waktu dan uang klien dengan mengidentifikasi risiko yang terkait dengan proyek tertentu sebelum perusahaan bergerak maju.

Seorang bankir investasi juga membantu menentukan harga instrumen keuangan dan menavigasi persyaratan peraturan. Seringkali, ketika sebuah perusahaan mengadakan penawaran umum perdana (IPO), bank investasi akan membeli semua atau banyak saham perusahaan itu secara langsung, bertindak sebagai perantara.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: