Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maybank Indonesia Fasilitasi Pembiayaan Vaksin Covid-19 kepada Bio Farma

Maybank Indonesia Fasilitasi Pembiayaan Vaksin Covid-19 kepada Bio Farma Kredit Foto: Antara/REUTERS/Tatyana Makeyeva
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan fasilitas kepada produsen dan distributor produk farmasi milik negara, PT Bio Farma (Persero), atas peran sentralnya dalam penanggulangan Covid-19 melalui pengadaan vaksin.

Kemitraan antara Maybank Indonesia, melalui Unit Usaha Syariah-nya, dan PT Bio Farma (Persero) menunjukkan kolaborasi, kerja sama, dan sinergi yang kuat antara pemerintah dan sektor swasta, terutama dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia dan secara bersamaan mengedepankan produk atau proposisi syariah.

Baca Juga: Maybank Bantah Ulur Waktu Penggantian Rp22 Miliar ke Winda Earl

Fasilitas pembiayaan berbasis syariah omnibus line facility sebesar US$185 juta atau setara Rp2,68 triliun disalurkan kepada Bio Farma melalui beberapa termin. Fasilitas pembiayaan ini mencakup proposisi Syariah, Musharakah Trade Financing, serta forward hedging.

Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia, mengatakan, "Merupakan suatu kehormatan bagi Maybank Indonesia untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Harapan kami, kerja sama ini dapat memberi dampak luas bagi masyarakat dan khususnya kepada pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, serta iklim investasi di Indonesia."

Terkait fasilitas pembiayaan, Ricky Antariksa, Direktur Perbankan Global, Maybank Indonesia, menyampaikan, "Selaras dengan pendekatan Sharia First, Maybank Indonesia memberikan solusi pembiayaan ini dengan tujuan untuk memperluas cakupan utilisasi pembiayaan berbasis syariah di tengah dunia usaha Indonesia."

Selanjutnya, tentang upaya penanggulangan pandemi Covid-19, Ricky menambahkan, "Kami menilai, PT Bio Farma (Persero) memiliki perencanaan pengadaaan yang terstruktur dan memiliki jaringan usaha yang kuat melalui anak usahanya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma (Persero) Tbk, yang akan menjalankan fungsi distribusi kepada masyarakat."

Dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah melalui PT Bio Farma (Persero) akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan domestik dengan mempersiapkan sebanyak 15 juta bulk vaksin untuk tahap pertama.

Sementara itu, I Gusti Ngurah Suharta Wijaya, Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis, PT Bio Farma (Persero), menjelaskan bahwa saat ini, Bio Farma sebagai holding BUMN farmasi, bersama-sama dengan Kimia Farma dan Indofarma melangsungkan kegiatan usaha yang berfokus pada penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Mengingat akan luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, Bio Farma mengaku membutuhkan mitra perbankan yang solid dan inovatif dalam memberikan solusi finansial yang tepat.

"Kami berharap kerja sama kemitraan dengan Maybank Indonesia dapat berlangsung secara produktif sejalan dengan visi dan misi pemerintah untuk memulihkan kembali kondisi masyarakat dari pandemi di seluruh pelosok negeri," tutup Suharta.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: