Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Priiit! BEI Beri Kartu Kuning ke Raffi Ahmad Dkk.

Priiit! BEI Beri Kartu Kuning ke Raffi Ahmad Dkk. Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bursa Efek Indonesia (BEI) angkat suara terkait maraknya aksi influencer yang turut mempromosikan sejumlah saham di media sosial. Adapun beberapa influencer yang turut serta meramaikan promosi saham di antaranya Raffi Ahmad, Ari Lasso, Ustaz Yusuf Mansur, dan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo, mengatakan bahwa pihaknya akan mengajak para influencer untuk berdiskusi mengenai promosi sejumlah saham. "Kita akan ajak diskusi para influencer ini, di satu pihak kami menyambut positif influencer seperti mereka," ujar Laksono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (5/1/2020).

Baca Juga: Startup Ramai-ramai IPO, BEI Gelar Karpet Hijau

Meskipun begitu, Laksono juga mengingatkan agar para influencer bertanggung jawab secara moral untuk para followers-nya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum. "Juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para followers-nya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," kata dia.

"Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," sambungnya.

Selain itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan bahwa pihaknya telah meminta klarifikasi ke salah satu perusahaan terkait promosi salah satu saham kepada influencer.

"Untuk mengklarifikasi hal ini, kami telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait. Kita tunggu dulu tanggapannya," ucap Nyoman.

Seperti diketahui, sejumlah influencer turut mempromosikan sejumlah saham di media sosialnya. Ari Lasso dan Raffi Ahmad di media sosial Instagram mempromosikan saham PT M Cash Integrasi (MCAS). Kemudian, Ustaz Yusuf Mansur dan Kaesang kerap mempromosikan sejumlah saham BUMN di media sosialnya masing-masing.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: