Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Algoritma E-A-T?

Apa Itu Algoritma E-A-T? Kredit Foto: Unsplash/Nathana Rebouças
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pembaruan algoritma Google E-A-T adalah bagian dari perubahan besar tentang bagaimana cara Google memberikan peringkat pencarian kepada situs web. Meskipun Google telah melakukan pembaruan kecil selama beberapa kali sehari, pembaruan besar algoritma itulah yang benar-benar memengaruhi kehidupan pemilik situs web. 

Sementara itu, pembaruan algoritma E-A-T sebenarnya tidak menjadi terobosan besar seperti yang lain di beberapa waktu yang lalu (misalnya Mobilegeddon). Namun, pemabaruan itu datang dengan implikasi penting yang harus Anda ketahui. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa itu algoritma Google E-A-T, pengaruhnya terhadap penelusuran, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan situs web Anda dapat terus bekerja dengan baik.

Baca Juga: Jadi Tren di Mbah Google, Tengok Total Harta Moeldoko yang Punya Puluhan Tanah

Mengenal Algoritma E-A-T

E-A-T dalam dunia SEO adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness. Konsep ini dibahas dengan sangat rinci dalam Google Quality Raters Guidelines. Menerapkan strategi algoritma E-A-T yang baik di dalam maupun di luar situs Anda berpotensi akan membantu meningkatkan peringkat pencarian Google.

Saya percaya bahwa E-A-T sangat penting bagi kebanyakan situs web. Namun, tidak semua pakar SEO setuju bahwa E-A-T benar-benar menentukan peringkat pencarian Google. Ada sejumlah pakar yang berpendapat bahwa mereka melihat beberapa situs web yang diyakini terpengaruh secara negatif oleh pembaruan Google karena mereka tidak menerapkan algoritma E-A-T secara penuh. 

Pada bulan Februari 2019, Google mengonfirmasi bahwa E-A-T memang merupakan bagian yang sangat penting dari algoritme mereka. Kemudian pada bulan Agustus 2019, Google menerbitkan dokumen tentang pembaruan algoritma inti. Saran mereka, jika Anda telah terpengaruh secara negatif oleh pembaruan inti, maka "kenali pedoman penilai kualitas E-A-T". 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, E-A-T adalah singkatan dari:

Expertise - Seberapa luas pengetahuan pemilik situs atau penulis konten tentang pokok bahasan yang mereka bicarakan. Ini sangat penting, terutama untuk situs YMYL, bukan untuk situs gosip atau sejenisnya.

Authoritativeness - Kredibilitas suatu situs web yang menerbitkan konten. Ini termasuk kredensial, ulasan luar, testimonial, dan lainnya.

Trustworthiness - Memeriksa seberapa dapat dipercaya suatu situs yang dimaksud. Ini berarti mencangkup kualitas situs secara keseluruhan, terutama faktor-faktor penting lainnya seperti keamanan situs.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: