Dear Brand, Begini 5 Langkah untuk Bikin Bisnis 'Gacor' dari Mbah Google
Orang Indonesia ingin merek lebih memahami berubahnya kebutuhan hidup selama pandemi, serta berempati terhadap kecemasan konsumen di masa yang akan datang.
Begitulah isi laporan Year in Search 2020 dari Google yang berisi tren-teren di masyarakat; dengan 5 tema utama di dalamnya.
“Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” ujar Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim, dikutip Rabu (24/2/2021).
Baca Juga: Waduh, Gereja Ini Ogah Terima Sumbangan dalam Bentuk Bitcoin
Baca Juga: Mantap Jiwa, Miliarder Ini Sumbang 1 Bitcoin Bernilai Rp700 Juta untuk ....
Berdasarkan data Google Trends, eConomy 2020, dan Think with Google pada November 2019-Oktober 2020, berikut ini sejumlah tren dalam laporan itu:
- Orang Indonesia lebih memprioritaskan kesehatan mental dan mulai mengedukasi diri terkait beberapa isu. Buktinya, penelusuran “kesehatan mental” naik 70% dan “self-care” naik 45%;
- Orang Indonesia mencari cara membantu masyarakat sekitar dan lingkungan karena pencarian kata “meyumbangkan” naik 150%;
- Pandemi mengaburkan pembatas kehidupan kantor dan rumah, membuat orang berperan sebagai orang tua di rumah, pencarian "kegiatan anak di rumah" meningkat 330% dan "e-learning" naik 180%;
- Orang Indonesia pun mencari cara relaksasi selain liburan keluar rumah, sebab pencarian "tanaman rumah" naik 120% dan "hewan peliharaan" pun meningkat 95%;
- Masyarakat juga banyak mencari kata "daftar usaha" (200%) dan "digital marketing" (35%), menunjukkan minat mereka mempersiapkan masa depan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: