Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kecam Deklarasi Papua Barat Benny Wenda, DPR: Wajib Tindak Tegas!

Kecam Deklarasi Papua Barat Benny Wenda, DPR: Wajib Tindak Tegas! Kredit Foto: Twitter/Realita Rakyat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin meminta Polri menindak tegas Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda yang mendeklarasikan kemerdekaan Papua pada Selasa, 1 Desember 2020, lalu.

Menurut Azis, apa yang dilakukan Benny Wenda itu merupakan tindakan hasutan dan juga makar yang bisa ditindak sesuai dengan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukup Pidana (KUHP).

Baca Juga: Lelet Tanggapi Benny Wenda, Demokrat 'Gereget' Sikap Jokowi-Maruf Amin

"Kepolisian wajib menindak tegas kelompok separatis yang ingin memecah belah NKRI. Lakukan langkah-langkah penegakan hukum. Deklarasi dan juga hasutan tersebut dapat dikualifikasikan sebagai makar dan termasuk dalam pemenuhan unsur-unsur dalam pasal 106 jo.160 KUHP," kata Azis kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Azis juga menjelaskan, Papua merupakan bagian dari Hindia-Belanda yang juga turut dimerdekakan pada 17 Agustus 1945 silam oleh para founding father dan juga para pejuang. "Sesuai dengan asas uti possidentis juris, Papua adalah bagian dari NKRI," tegas Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Karena itu, legislator Dapil Lampung ini berharap, peran aktif dari Pemerintah Daerah dan juga TNI-Kepolisian untuk menjaga situasi di Papua jauh lebih kondusif.

"Papua adalah bagian integral yang tidak terpisahkan dari NKRI. Mari sama-sama ciptakan kedamaian di atas Tanah Papua," pungkasnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: