Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

RUU Cipta Kerja Akan Buat Ekosistem Investasi Daerah Meningkat

RUU Cipta Kerja Akan Buat Ekosistem Investasi Daerah Meningkat Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menyatakan RUU Cipta Kerja akan meningkatkan ekosistem investasi di Indonesia. Dia mengatakan peraturan yang ada selama ini mempersulit investor melakukan eksekusi.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Harus Lindungi UMKM dari Serbuan Modal Asing

?Menurut saya akan terjadi peningkatan ekosistem, karena selama ini kan aturan investasi antara pusat dan daerah tumpang tindih, berbelit, over regulated, dan itu mempersulit investor melakukan eksekusi,? ujar Trubus saat dihubungi.

Trubus membeberkan salah satu pihak yang paling mendapat keuntungan dari peningkatan ekosistem investasi adalah daerah. Dia memprediksi kemudahan regulasi akan membuat investasi di daerah meningkat tajam dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

?Kepala daerah akan memberikan pelayanan yg baik, terutama administasi pelayanan. Menjadi lebih efisien, terjangkau,? ujarnya.

Selanjutnya, dia menyampaikan kemudahan bitokrasi akan mempersingkat proses investasi. Selama ini, buruknya birokrasi karena regulasi telah menumbuhkan calo.

?Selama ini kan berbulan-bulan. Dan di situ muncul free rider, calo-calo di daerah banyak. Nantinya dengan sendiri RUU Cipta Kerja semuanya akan lebih ringkas,? ujar Trubus.

Di sisi lain, Trubus menyampaikan peningkatan ekosistem investasi akan menciptakan lapangan kerja. Sebab, dia mengatakan industri di daerah akan berkembang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: