Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Putin Terbang ke India, Bakal Bahas Hubungan Pertahanan dan Perdagangan

Putin Terbang ke India, Bakal Bahas Hubungan Pertahanan dan Perdagangan Kredit Foto: AP Photo/Manish Swarup
Warta Ekonomi, New Delhi -

Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/12/2021). Pertemuan itu membahas hubungan pertahanan dan perdagangan ketika India berusaha untuk menyeimbangkan hubungannya dengan Amerika Serikat.

Associated Press, Senin (6/12/2021) melaporkan, agenda KTT tahunan itu mencakup masalah politik dan pertahanan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi.

Baca Juga: Di Muka Iran, Rusia, China, Jerman, Prancis, dan Uni Eropa, Pejabat Amerika Tegas Soal 2 Hal Ini

Kedua negara diperkirakan akan menandatangani beberapa kesepakatan, khususnya di bidang perdagangan dan pertahanan.

India dan Rusia memiliki sejarah panjang hubungan dekat. Namun baru-baru ini, India semakin dekat dengan Amerika Serikat, yang dianggap penting untuk melawan China.

India dan China telah mengalami kebuntuan militer selama berbulan-bulan di sepanjang perbatasan mereka yang disengketakan di Ladakh timur, tempat bentrokan mematikan meletus tahun lalu.

Rusia, sementara itu, telah menyatakan keberatan atas pembentukan Quad, sebuah kelompok yang melibatkan AS, India, Jepang, dan Australia yang dibentuk sebagai tanggapan atas meningkatnya ketegasan China di kawasan Indo-Pasifik.

India sedang mencoba untuk mengarahkan hubungan pertahanannya dengan Rusia karena meningkatkan hubungan militernya dengan Amerika Serikat. India dan Rusia sedang mendiskusikan dan kemungkinan akan menandatangani perjanjian teknis militer 10 tahun yang dapat membantu dalam transfer teknologi baru ke India.

India, pembeli utama peralatan militer, sangat bergantung pada bekas Uni Soviet selama Perang Dingin. Tetapi telah mendiversifikasi pembeliannya dengan memilih peralatan AS juga.

Selama masa kepresidenan Donald Trump, AS dan India menandatangani kesepakatan pertahanan senilai lebih dari $3 miliar. Perdagangan pertahanan bilateral meningkat dari mendekati nol pada 2008 menjadi $15 miliar pada 2019.

Akuisisi India atas sistem rudal S-400 Rusia yang dianggap penting dalam melawan China dapat terbukti menjadi gangguan di Indo-AS. ikatan.

Washington telah meminta mitranya untuk menjauh dari peralatan militer Rusia untuk menghindari kemungkinan sanksi.

India dan Rusia juga diperkirakan akan memperkuat kesepakatan perdagangan mereka. Mereka telah menetapkan target $30 miliar dalam perdagangan bilateral pada akhir 2025.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: