Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dianggap Tempat Paling Suci, Vatikan Mungkin Jadi Arena Pertemuan Putin dan Presiden Ukraina

Dianggap Tempat Paling Suci, Vatikan Mungkin Jadi Arena Pertemuan Putin dan Presiden Ukraina Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Presiden Ukraina, Volodimir Zelensky menuturkan bahwa Vatikan bisa menjadi tempat yang tepat untuk pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Ini adalah ajakan bertemu kedua yang disampaikan Zelensky kepada Putin, setelah sebelumnya dia mengajak bertemu pemimpin Rusia itu di zona konflik di timur Ukraina.

"Takhta Suci bisa menjadi tuan rumah yang sempurna untuk dialog tentang perdamaian di Donbass," ucapnya merujuk kepada Vatikan, seperti dilansir Tass pada Kamis (29/4/20210). 

Baca Juga: Ketegangan Masih Ada, Ukraina Ancam Bikin Rudal yang Bisa Musnahkan Nuklir Rusia

Dia yakin bahwa pertemuannya dengan Putin "pasti" akan berlangsung. "Itu diperlukan untuk mengakhiri perang di Donbass dan menyelesaikan proses perdamaian," ujar Zelensky.

Menurut Zelensky, Vatikan dapat menengahi pembicaraan tentang hubungan Ukraina-Rusia dan konflik di Donbass. Ia percaya bahwa Vatikan berbeda dengan pemain global lainnya karena memiliki otoritas moral dan selalu netral karena tidak memiliki kepentingan militer, politik dan ekonomi.

Pemimpin Ukraina itu mengakui bahwa sudah lama tidak ada komunikasi langsung antara Ukraina dan Rusia. Oleh karena itu, dia berharap bisa segera melakukan pertemuan dengan Putin, untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada.

“Ini tentu tidak berkontribusi pada negosiasi yang konstruktif. Inilah mengapa saya pikir kita harus mulai dengan mengadakan pertemuan di tempat yang melambangkan perdamaian dan dialog," jelas Zelensky.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: