Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Gennady Timchenko, Sahabat Putin Sang Investor Energi

Kisah Orang Terkaya: Gennady Timchenko, Sahabat Putin Sang Investor Energi Kredit Foto: Mikhail Metzel/TASS/Host Photo/Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu orang terkaya dunia, Gennady Timchenko adalah seorang oligarki Rusia. Ia terkenal karena mendirikan dan memiliki grup investasi swasta, Volga Group, yang fokus pada investasi di bidang energi, transportasi, dan aset infrastruktur. Timchenko juga dikenal sebagai salah satu orang terdekat Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sebelumnya dia adalah salah satu pemilik Gunvor Group. Ia dikenal sebagai Ketua Dewan Direksi Liga Hoki Kontinental, dan Presiden klub hoki es SKA Saint Petersburg. Dia adalah warga negara Rusia, Finlandia dan Armenia. Dia juga seorang konsul kehormatan Serbia di Saint Petersburg.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Zhong Huijuan, Mantan Guru Kimia yang Bisnis Obat-Obatan

Timchenko lahir di Leninakan, SSR Armenia, Uni Soviet (sekarang Gyumri, Armenia), pada tahun 1952. Ayahnya bekerja di militer Soviet dan bertempur bersama Pasukan Rusia dalam perang dunia kedua.

Dia menghabiskan 6 tahun masa kecilnya dari tahun 1959 hingga 1965 di Republik Demokratik Jerman. Pada tahun 1976, ia lulus dari Institut Mekanik Saint Petersburg, yang kini bernama Leningrad, sebagai insinyur listrik.

Pada tahun 1977, Timchenko mulai bekerja sebagai insinyur di pabrik Izhorsky dekat Saint Petersburg, yang berspesialisasi dalam membangun pembangkit listrik. Karena bisa berbahasa Jerman, dia kemudian dipindahkan ke departemen perdagangan di perusahaan milik negara.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: