Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Usai Terbentuk, Holding BUMN Farmasi Berambisi Jadi Pemain Global

Usai Terbentuk, Holding BUMN Farmasi Berambisi Jadi Pemain Global Kredit Foto: Bambang Ismoyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bio Farma (Persero) yang merupakan induk Holding Badan Usaha Milik Negara sektor Farmasi memastikan siap untuk mendorong anggota Holding yakni PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk untuk mandiri, baik dalam hal penelitian maupun produksi produk-produknya.

Tak hanya itu, Bio Farma juga mengupayakan mendorong anggota Holding BUMN Farmasi untuk menerapkan Produksi dan Quality Management System untuk mendapatkan Pre-Qualification WHO (PQ WHO).

Baca Juga: Negara Serahkan Miliaran Saham Indofarma ke Bio Farma

Dengan PQ-WHO, diharapkan Kimia Farma dan Indofarma juga dapat menembus pasar global, dan membantu anggota Holding BUMN Farmasi untuk menjadi global player, mengingat saat ini produk Bio Farma sudah digunakan di lebih dari 140 negara di dunia dan menembus pasar di negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan bahwa industri farmasi di Indonesia saat ini masih dihadapkan pada beberapa tantangan yang cukup signifikan karena Indonesia masih bergantung pada impor, khususnya untuk bahan baku obat atau Active Pharmaceutical Ingredients (API).

Tantangan lainnya adalah akses untuk mendapatkan produk farmasi yang cenderung sulit karena keterbatasan jalur distribusi yang membuat harga obat relatif mahal. Tantangan berikutnya, inovasi-inovasi terbaru yang dapat melahirkan produk farmasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Dengan bergabungnya Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma dalam suatu Holding BUMN Farmasi, diharapkan masing-masing dari perusahaan ini akan memberikan kontribusi pada ketahanan farmasi nasional," jelas Honesti Basyir di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

"Sehingga harga produk farmasi bisa lebih murah karena adanya penurunan harga API dan masyarakat akan lebih mudah mendapatkan produk farmasi dengan jaringan distribusi yang luas dan merata, bahkan hingga ke mancanegara. Yang terpenting adalah inovasi-inovasi dapat melahirkan produk baru yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia," tambahnya.

Dirinya menambahkan, dari sisi inovasi Bio Farma sebagai induk holding akan mendorong Kimia Farma dan Indofarma untuk dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih luas lagi dengan standar produk yang sudah terkualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah holding ini terbentuk, selain sebagai induk Holding Company, Bio Farma akan tetap fokus pada core bisnis utama saat ini yaitu sebagai produsen vaksin dan antisera, dengan adanya manajemen tersendiri yang fokus kepada sektor tersebut sebagai operating holding.

Penetapan Bio Farma sebagai holding BUMN farmasi ditandai pascakeluarnya surat persetujuan dari Menteri BUMN selaku RUPS yang menyetujui pengalihan seluruh saham seri B milik Negara Republik Indonesia pada Kimia Farma maupun Indofarma ke PT Bio Farma (Persero) pada akhir Januari 2020.

Tujuan dari holding BUMN Farmasi ini adalah selain untuk memperkuat kemandirian industri farmasi nasional, juga untuk meningkatkan ketersediaan produk dengan menciptakan inovasi bersama dalam penyediaan produk farmasi untuk mendukung ekosistem farmasi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: