Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bandung Techno Park Bakal Genjot Ekonomi Lokal, Caranya?

Bandung Techno Park Bakal Genjot Ekonomi Lokal, Caranya? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Bandung Techno Park (BTP) akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. BTP sendiri merupakan Sains Techno Park (STP) Indonesia yang terletak di area Kampus Telkom University (Tel-U) dengan visi menjadi pusat inovasi dan kewirausahaan di bidang ICT, engineering, dan energi untuk menumbuhkan ekonomi lokal.

"STP adalah area yang dikelola secara profesional dengan visi untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat," kata Manager of Business Incubation, Sisca Eka Firtria kepada wartawan di kampus Tel-U, Kabupaten Bandung, Senin (20/1/2020).

STP memiliki tiga peran utama, yaitu melakukan penelitian dan pengembangan, menumbuhkan dan mengembangkan startup berbasis teknologi (spin-off), dan menumbuhkan klaster industri atau menarik industri ke wilayah tersebut, sehingga ekosistem inovasi dapat benar-benar diwujudkan.

Baca Juga: Soal Pengusiran Disabilitas, Balai Wyata Guna Bandung Angkat Bicara

Baca Juga: Menteri PUPR Bilang Terowongan Nanjung Efektif Atasi Banjir Bandung Raya

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengadakan  Seminar & Expo BTP (BTP SeE). Sejalan dengan misi BTP yaitu untuk meningkatkan kolaborasi antara akademika, bisnis/industri, pemerintah dan masyarakat.

"Diharapkan dapat menjadi forum untuk menyatukan Pentahelix dalam sebuah kerjasama yang berkelanjutan menuju ekosistem inovatif untuk menumbuhkan ekonomi lokal," ungkapnya.

Dia menyebutkan tujuan kegiatan tersebut yakni mempertemukan unsur Pentahelix yang terdiri dari kalangan akademisi, perusahaan, komunitas, pemerintahan dan media. 

"Kita berharap akan munculan kolaborasi diantara lima elemen tadi," ujarnya. 

BTP juga memberikan fasilitas guna mendorong produk lokal. Salah satunya, dengan membentuk inkubasi bisnis yang didalamnya terdapat berbagai pelatihan dan ruang usaha bagi mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: