Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PSRS Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar

PSRS Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) terjadi beberapa hari lalu. Sekelompok masyarakat perantau, yakni Perkumpulan Saudara Rantau Sumantera Utara (PSRS) yang berada di Surabaya dan daerah lainnya di Jatim melakukan galang dana untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar.

Wakil Ketua Umum PSRS sekaligus Panitia kegiatan donasi bantuan korban bencana, Kolonel (Marinir) Frans Simanjorang, mengatakan bahwa bencana alam yang terjadi di Kalsel dan Sulbar menjadi duka yang mendalam bagi masyarakat yang tergabung PSRS di Surabaya maupun di luar Surabaya, khususnya wilayah Jatim. Untuk itu, sebut Frans, pihaknya menggelar kegiatan donasi bantuan berupa sembako yang selanjutnya didistrubusikan pada korban bencana alam tersebut.

Baca Juga: 3 Kecamatan di Bekasi Terendam Banjir Usai Diguyur Hujan Sejak Minggu Pagi

"Hasil bantuan donasi ini selanjutnya akan kami kirim pada mereka. Di antara sembako ini adalah beras, mie instan, ikan olahan, dan beberapa sembako lainnya. Keberadaan sembako ini sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini. Untuk itu, dengan bantuan ini bisa mengurangi beban mereka nantinya," tegas Frans pada Warta Ekonomi usai penyerahan bantuan di markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) di Surabaya, Minggu (24/1/2021).

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum PSRS Eddy Widjanarko, bantuan merupakan wujud kepedulian masyarkat perantau (PSRS) di mana para anggotannya bukan hanya dari Sumatera Utara saja, tapi juga dari Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.

"Kegiatan bhakti sosial ini tujuannya murni kemanusiaan. Untuk membantu saudara saudara kita korban gempa dan banjir yang sedang kesusahan," ujar Eddy.

Eddy menambahkan, kegiatan serupa pernah dilakukan yang salah satunya memberi bantuan pada pengungusi meletusnya Gunung Sinabung dan korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi di tahun 2018 lalu. Dalam kegiatan ini sebut dia, pihaknya selalu bekerja sama dengan Lantamal V Surabaya. "Tahun 2020 lalu adakan kegiatan bersama berupa donor darah," tambah Eddy.

Terpisah, Kolonel Charles Sinaga mengatakan, PSRS setiap tahun melakukan kegiatan bhakti sosial sebagai rasa peduli dan tanggung jawab kemanusiaan yang diharapkan langkah ini dapat diikuti masyarakat Jatim.

"Bersama-sama membantu bencana yang terjadi dengan kemampuan yang ada," ujar Charles didampingi pengurus PSRS lainnya seperti Kolonel, Luxemburg Sihombing. Kedua petinggi Lantamal V Surabaya ini mengajak masyarakat Jatim untuk peduli sesama saudara di Tanah Air.

"Apalagi di berita, hanya 18 hari di awal tahun 2021 telah ada bencana alam di 154 lokasi di Indonesia," ujarnya.

Penerima bantuan PSRS, Dwi Yoga , menyampaikan pihaknya mengapresiasi seluruh anggota PSRS dan mengucapkan banyak terima kasih. "Bantuan ini akan sangat bermanfaat karena hingga saat ini masih banyak pengungsi yang berada di atas gunung dan sulit dijangkau," ungkapnya.

Hal itu karena keterbatasan transportasi, di mana daerah itu termasuk daerah terpencil. Dwi Yoga menambahkan, donasi bantuan dari PSRS ini akan dikirimkan dengan KRI Banda Aceh (BAC) 593 yg akan tiba di Surabaya hari Senin (25/1/2021).

"Rute dari KRI BAC 594 ini sudah dalam perjalanan dari Jakarta, kemudian mampir ke Surabaya, selanjutnya langsung ke Banjarmasin untuk menyerahkan bantuan ke korban banjir Kalsel dan lanjut ke Mamuju untuk menyalurkan bantuan korban gempa," pungkas Dwi Yoga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: