Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Iduladha, Syahrul Pantau Ternak Hewan di Subang

Jelang Iduladha, Syahrul Pantau Ternak Hewan di Subang Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Subang -

Jelang hari raya Iduladha 2020, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi unit pengolahan pakan dan kandang pembiakan, serta penggemukan sapi di Desa Neglasari, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Minggu (12/7/2020). Ini merupakan kawasan ternak dari Korporasi Brahman Sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Mentan meminta para peternak agar terus melakukan produksi, meski saat ini Indonesia tengah dilanda pandemi. Dia juga berharap agar peternak tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah, melainkan harus mampu mengembangkan bantuan-bantuan yang sudah diberikan.

"Kita sudah memberikan unit pengolahan pakan, unit pengolahan pupuk jadi harus dimanfaatkan dengan betul. Jadi peternak tidak lagi menunggu bantuan dari pemerintah," katanya.

Baca Juga: Mentan Dorong Perusahaan Anggrek Buka Akses ke Seluruh Dunia

Untuk merealisasikan pengembangan 1.000 desa sapi, Mentan berharap para peternak bisa memfokuskan cara kerjanya kepada orientasi bisnis, serta menambah rata-rata kepemilikan sapi melalui kredit usaha rakyat (KUR).

"Dengan memanfaatkan pinjaman dari KUR, yang baru mempunyai dua sampai tiga ekor sapi bisa terus bertambah. Saya sudah berkoordinasi dengan pusat supaya KUR untuk pertanian bisa tiga kali lipat," katanya.

Sebagai informasi, Korporasi Brahman Sejahtera meliputi 16 kecamatan, 66 desa, dan 117 kelompok, dengan 66 kelompok yang aktif. Adapun jumlah peternak sebanyak 1.834 orang, dan jumlah ternak  2.705 ekor dengan rata-rata kepemilikan 2-3 ekor.

Perlu diketahui, hari raya Iduladha berdasarkan kalender nasional jatuh pada 30 Juli 2020, dan seperti biasa permintaan hewan kurban pun akan meningkat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: