Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jurus PUPR Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021

Jurus PUPR Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan enam program utama pada 2021 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Yang pertama adalah peningkatan ketahanan pangan. Kedua, pengembangan konektivitas. Ketiga, peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat.

Berikutnya, program keempat adalah peningkatan investasi. Kelima, penguatan jaringan pengaman nasional (Program Padat Karya Tunai, pembelian produk rakyat, pemberdayaan pengusaha lokal). Terakhir, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Baca Juga: Realisasi Penyerapan Bedah Rumah PUPR Capai 80,76%

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menegaskan komitmen instansinya untuk melaksanakan tugas dan target yang ditetapkan pemerintah di dalam RPJMN, Renstra Kementerian PUPR, Direktif Presiden, dan Program Strategis Nasional.

Dalam enam fokus program itu, PUPR mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air sebesar Rp58,55 triliun, konektivitas sebesar Rp53,96 triliun, permukiman sebesar Rp26,56 triliun, perumahan sebesar Rp8,09 triliun.

Selain itu, untuk pengembangan sumber daya manusia Rp563,79 miliar, pembinaan konstruksi Rp757, 68 miliar, pembiayaan infrastruktur Rp273,68 miliar, dukungan manajemen Rp748,20 miliar, pengawasan Rp101,74 miliar, dan perencanaan sebesar Rp206,18 miliar.

Sebelumnya, DPR telah menetapkan pagu anggaran PUPR dalam RAPBN TA 2021 sebesar Rp149, 81 triliun.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: