Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terdampak Pandemi Corona, Arus Peti Kemas IPC Turun 9,7%

Terdampak Pandemi Corona, Arus Peti Kemas IPC Turun 9,7% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) /IPC mencatatkan penurunan kinerja operasional selama tahun 2020. Selama pandemi Covid-19, pengiriman barang baik ekspor maupun impor juga kunjungan kapal dari negara-negara produsen utama banyak mengalami gangguan.

Kondisi ini tentunya cukup memberi dampak pada kinerja operasional IPC secara keseluruhan. Dari capaian operasional unaudited, arus peti kemas selama 2020 tercatat turun 9,7% menjadi 6,92 juta TEUs dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 7,66 juta TEUs.

Baca Juga: Kejar Target, Pelindo III Kebut Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo

Sedangkan untuk arus non peti kemas terealisasi sebesar 50,13 juta ton, lebih rendah 16,5% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 60,03 juta ton. Sementara itu, arus kunjungan kapal juga mengalami penurunan sebesar 14,7% dibandingkan 2019, yaitu dari 209,12 juta GT menjadi 178,41 juta GT.

“Meskipun capaian operasional unaudited tahun 2020 IPC mengalami penurunan, namun IPC optimis tahun 2021 kegiatan industri global yang mempengaruhi arus ekspor-impor barang melalui bisnis kepelabuhanan akan membaik. Optimisme ini didukung dengan adanya peningkatan arus pengiriman barang pada Triwulan III tahun 2020 lalu,” ujar, Direktur Utama IPC Arif Suhartono di Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Selama pandemi berlangsung, perseroan juga secara konsisten berkolaborasi dengan perusahaan pelayaran dunia dengan memberikan pelayanan rute pelayaran langsung atau direct call ke sejumlah negara antara lain Australia, China, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan dan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.  

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: