Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penambahan Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Dipercepat

Penambahan Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Dipercepat Kredit Foto: Aulia Rachman/Satgas Covid-19
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah mempercepat ketersediaan tempat isolasi pasien Covid-19 menyusul makin tingginya tingkat penularan terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Ribuan tempat tidur kini sedang dipersiapkan.

Upaya tersebut diungkapkan Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dody Ruswandi, didampingi Kepala BPBD DKI Sabdo Kurnianto saat meninjau lima lokasi ruang isolasi pasien di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Pemerintah Upayakan Persingkat Proses WGS

Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di Jakarta Selatan, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Rumah Susun Pasar Jumat di Jakarta Selatan.

"Ini semua fasilitas yang sudah disediakan secara bertahap akan kita gunakan kalau nanti Wisma Atlet sudah penuh. Total fasilitas mencapai 8.000 tempat dari semua yang disediakan," ujar Dody.

Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan yang telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR di atas tanah milik Pemda DKI Jakarta merupakan lokasi pertama yang dikunjungi Dody hari ini. Di tempat ini, hampir 4.000 tempat tidur dengan fasilitas standar sudah tersedia.

Setelah meninjau sejenak tempat ini, Dody melanjutkan pengecekan ke Asrama Haji di Jakarta Timur. Di tempat yang biasanya untuk transit para jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci, setidaknya 780 tempat tidur sudah siap dipakai untuk para calon pasien.

Selanjutnya, Dody meninjau lokasi di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah. Di sini, 33 kamar dengan 100 tempat tidur sudah disiapkan. Bahkan, saat ini 29 pasien tanpa gejala tengah menjalani perawatan dan rencana akan terus bertambah hari ini menjadi 40 orang.

Sementara di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Agama, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Dody menyebutkan, sudah tersedia 210 kamar tidur dengan fasilitas standarnya.

Di Rusun Pasar Jumat Jakarta Selatan, dari pengamatan, terlihat fasilitas standar, yakni kamar tidur beserta tempat tidur dan fasilitas meja kursi sudah tersedia. Kamar-kamar ini masih terlihat bersih dan rapi dan sangat layak dihuni nantinya oleh calon pasien yang akan menempati ruangan.

Di Rusun yang sedianya dihuni oleh para pegawai kementerian PUPR ini, hampir 1.000 tempat tidur disediakan. Sementara itu, masih ada rusun lain yang juga akan digunakan, yakni Rusun Daan Mogot di Jakarta Barat yang juga memuat fasilitas tempat tidur hampir 1.000.

"Kita tidak ingin semua fasilitas itu terisi, tetapi kalau itu terjadi kita harus siap menangani pasien. Tugas kami di pusat (BNPB) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan TNI Polri mendukung semua usaha yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI," ujar Dody.

Dody menyebutkan, sebelumnya Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito telah meninjau 5 tower di Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara. Menurut Dody, sekitar 2.550 tempat tidur sudah disiapkan dan hari ini sudah mulai diisi pasien.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: