Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Deg-degan Menanti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Deg-degan Menanti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) siang ini, Rabu (5/8/2020), akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020. Pengumuman tersebut dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB di Kantor BPS, Jakarta.

Sebelumnya, BPS mencatat laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal I (Januari-Maret) 2020 hanya tumbuh 2,97%. Angka ini melambat dari 4,97% pada kuartal IV 2019. Bahkan, pertumbuhan jauh di bawah pencapaian kuartal I 2019 yang mencapai 5,07%.

Baca Juga: Ini Saran Buat Pemerintah untuk Pulihkan Ekonomi saat Covid-19

"Kuartal I 2020 ini mengalami perlambatan yang cukup dalam," kata Kepala BPS, Suhariyanto. Capaian pertumbuhan ini pun meleset dari proyeksi pemerintah.

Lalu bagaimana proyeksi kuartal kedua? Pemerintah telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan makin melambat di kuartal II 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penyebabnya adalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Pertumbuhan ekonomi yang melambat di kuartal I mungkin akan diikuti ditriwulan II karena PSBB dilakukan secara lebih meluas. Kita akan melihat dampaknya pada triwulan II dan III yang mungkin akan berdampak lebih banyak akibat pelaksanaan PSBB tersebut," kata Sri Mulyani.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: