Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Banyak Diperbincangkan Mengenai Aturan Baru, WhatsApp: Tak Ada Perubahan

Banyak Diperbincangkan Mengenai Aturan Baru, WhatsApp: Tak Ada Perubahan Kredit Foto: Unsplash/Job32
Warta Ekonomi, Jakarta -

WhatsApp menyampaikan beberapa penjelasan mengenai kebijakan aturan baru terkait privasi dan persyaratan layanan yang mereka kirimkan ke pengguna.

Salah satunya terkait penggunaan data pengguna yang dibagikan ke Facebook. Perusahaan menyebut bahwa sejak 2016, WhatsApp telah membagikan sejumlah data terbatas dengan Facebook di ranah backend, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur.

Baca Juga: Ini Dia 5 Aplikasi Alternatif WhatsApp, Gratis!

"Tidak ada perubahan baru di pembaruan kebijakan ini," kata pihak WhatsApp dalam keterangannya. Sabtu (9/1/2021)/

Pembaruan kebijakan privasi kali ini berfokus pada perpesanan WhatsApp Business, yang kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk percakapan WhatsApp-nya.

Artinya, percakapan yang terjadi pada akun bisnis tersebut akan disimpan di server Facebook. Meski demikian, pengguna masih diberikan kebebasan untuk memilih, apakah mereka ingin berinteraksi dengan akun bisnis tersebut atau tidak.

WhatsApp menegaskan bahwa kebijakan ini tidak memengaruhi percakapan personal dan privat di luar konteks bisnis tersebut.

Semua percakapan ini masih akan terenkripsi end-to-end. WhatsApp maupun Facebook tidak bisa mengaksesnya.

WhatsApp pun membenarkan soal pengguna yang tidak bisa lanjut menggunakan WhatsApp jika tidak menyetuju kebijakan tersebut.

Tapi, akunnya masih akan tetap aktif sehingga pengguna dapat memilih untuk menyetujui update ini di kemudian hari.

Pilihan menolak (opt-out) pada kebijakan aplikasi hanya ditawarkan sebanyak satu kali, dan telah diberikan pada 2016. Sejak saat itu, WhatsApp tidak lagi menyediakan fitur pilihan ini di dalam aplikasinya.

"Namun, kami masih akan tetap mematuhi pilihan opt-out untuk pengguna yang memilih demikian pada 2016, bahkan jika mereka sekarang menyetujui update kebijakan yang baru. Pengguna dapat melihat status opt-out mereka di fungsi “download your data”," pungkasnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: