Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksin Covax Gratis, Sukacita Sri Mulyani: Kita Hemat Anggaran

Vaksin Covax Gratis, Sukacita Sri Mulyani: Kita Hemat Anggaran Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia akan mendapatkan vaksin covax secara gratis. Tersedianya vaksin gavi covax secara-gratis akan mendukung pengadaan vaksin dan program vaksinasi di tahun ini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan penandatanganan formulir vaksin Gavi Covax Facility pada Kamis sore (7/1/2021). Penandatanganan tersebut sebagai tindak lanjut dari kerja sama pemerintah Indonesia dengan Aliansi Vaksin Dunia (Gavi) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: WHO Izinkan Pengiriman Vaksin COVAX Bisa Dimulai Januari, Ini Alasannya

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan hal tersebut dapat menghemat anggaran vaksin dan vaksinasi tahun ini yang diproyeksi mencapai Rp73 triliun. Karenanya, vaksin gavi covax didapat secara gratis, berbeda dengan vaksin sinovac yang berbayar.

"Estimasi biaya pengadaan vaksin dan program vaksinasi lebih dari Rp73 triliun sehingga vaksin dari gavi covax membantu kebutuhan program vaksinasi. Ini prioritas tertinggi bagi anggaran dalam menyediakan vaksin dan vaksinasi," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (7/1/2021).

Lanjutnya, akan merelokasi anggaran belanja pemerintah daerah (pemda) dan Kementerian/Lembaga (K/L) 2021 dalam mendapatkan biaya vaksin. Dengan begitu, dipastikan seluruh dana penanganan pandemi Covid-19 menjadi prioritas pemerintah.

"Vaksinasi langkah yang penting, akses vaksin berbagai produk yang dikembangkan akan sangat penting, ada kepastian bagi Indonesia dengan adanya vaksin gavi covax. Sekaligus tambahan pilihan dan ketenangan bagi masyarakat," ujar Menkeu.

Saat ini, anggaran vaksin dan vaksinasi virus corona berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) tahun anggaran 2020 telah dicadangkan untuk vaksinasi 2021 sebesar Rp47 triliun.

Dengan demikian, total uang negara yang sudah disisihkan untuk vaksinasi adalah sebesar Rp65 triliun.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: