Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo II: Aktivitas Ekspor Impor di Tanjung Priok Meningkat

Pelindo II: Aktivitas Ekspor Impor di Tanjung Priok Meningkat Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II mencatat pertumbuhan positif ekspor-impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan hal tersebut dipengaruhi pulihnya kegiatan perekonomian dan industri pada 2021 baik secara nasional maupun global.

Arif mengatakan, peningkatan kegiatan ekspor dan impor tersebut bersamaan dengan adanya cuaca buruk serta kejadian luar biasa di Terusan Suez pada akhir Maret 2021 .

Baca Juga: Pelindo II Tingkatkan Layanan Lewat Kerjasama Kemitraan

“Ini menimbulkan efek domino terhadap perubahan jadwal kapal, termasuk kongesti di pelabuhan keberangkatan sebelumnya,” kata Arif di Jakarta, Rabu (7/4/2021). Beberapa diantaranya dari pelabuhan di Singapura yang mengakibatkan keterlambatan jadwal kedatangan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Arif mengatakan peningkatan arus kapal dan barang yang harus dilayani oleh Pelindo II menimbulkan antrian pelayanan menuju pelabuhan. Ia mengatakan antrian tersebut untuk proses penerimaan barang dari pengguna jasa ke lapangan penumpukan sementara dan pengiriman barang dari lapangan penumpukan sementara ke gudang. 

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, dalam waktu dekat kami akan mengalihkan kapal-kapal yang tiba bersamaan ke beberapa terminal serta mengosongkan lapangan yang digunakan untuk menampung container,” jelasnya.

Ia memastikan, perseroan juga meningkatkan pelayanan pada masa sibuk melalui penyediaan lebih banyak area penyangga di Pelabuhan. Selain itu Pelindo II juga mengoptimalkan implementasi Single Truck ID (TID), melakukan pengaturan jadwal kedatangan truk ke dalam area terminal (traffic management), serta rencana re-layout pelabuhan.

Adapun untuk strategi jangka panjang, Pelindo II kata Arif  akan membangun New Priok Eastern Access (NPEA) sebagai akses baru menuju ke Terminal Kalibaru dari wilayah timur dan terkoneksi langsung dengan jaringan jalan tol. 

“Dengan adanya akses baru ini diharapkan membuat lalu lintas dari dan menuju pelabuhan Tanjung Priok ini menjadi lebih baik,” tambahnya.

Arif memastikan percepatan pelayanan kepelabuhanan yang diupayakan tersebut diharapkan sekaligus menjadi cara peningkatan sinergi dan kerja sama dengan para stakeholders terkait serta upaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: