Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Angkatan Bersenjata Inggris: Kontroversi atas Pakta AUKUS Berlebihan

Menteri Angkatan Bersenjata Inggris: Kontroversi atas Pakta AUKUS Berlebihan Kredit Foto: AP Photo/US Navy/Jason Tarleton
Warta Ekonomi, London -

Menteri angkatan bersenjata Inggris James Heappey pada Kamis (21/10/2021) mengatakan telah terjadi "overhyping" kontroversi atas pakta keamanan trilateral baru antara Australia, Amerika Serikat dan Inggris.

Aliansi, yang dikenal sebagai AUKUS, akan melihat Australia memperoleh teknologi untuk menyebarkan kapal selam bertenaga nuklir dan secara luas dilihat sebagai tanggapan terhadap militerisasi China di kawasan itu, khususnya di Laut China Selatan yang penting secara strategis.

Baca Juga: Malaysia Ketar-Ketir dengan Perlombaan Senjata Nuklir di Asia Usai AUKUS

Rencana tersebut telah memecah negara-negara Asia Tenggara, dengan Indonesia dan Malaysia memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan perlombaan senjata di antara negara adidaya yang bersaing. Filipina, sekutu pertahanan AS, telah mendukung pakta tersebut.

China mengatakan rencana AUKUS berisiko sangat merusak perdamaian dan stabilitas regional. Aliansi itu juga memicu pertikaian dengan Prancis, setelah Australia mundur dari kesepakatan kapal selam dengan Paris demi AUKUS.

Heappey mengatakan AUKUS tidak dimaksudkan untuk menantang orang lain, dengan mengatakan Australia baru saja membuat keputusan untuk bergabung dengan kemitraan berbagi teknologi yang sudah berlangsung lama antara Inggris dan Amerika Serikat.

"Ada banyak, semacam overhyping AUKUS," katanya kepada wartawan di sebuah acara Kuala Lumpur merayakan ulang tahun ke-50 pakta pertahanan lima arah antara Inggris, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia.

"Itu sama sekali tidak mencerminkan pengurangan apa pun dalam persahabatan kita dengan rekan-rekan dan sekutu hebat kita di Paris. Itu sama sekali tidak mewakili tantangan di bagian dunia Anda," katanya menjelaskan, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (22/10/2021).

Pada acara yang sama, menteri pertahanan Australia, Peter Dutton, mengatakan AUKUS tidak akan mengubah strategi keamanan negara itu ke depan, tetapi akan memungkinkannya untuk memastikannya tetap menjadi mitra yang dapat diandalkan di kawasan itu.

"Kami bukan orang yang mengganggu operasi negara lain. Kami adalah negara yang terus terang, dan kami senang memberikan perdamaian di kawasan kami, dan itu adalah pusat persahabatan kami di sini," katanya.

Berbicara di Jakarta selama kunjungan minggu ini ke Thailand, Singapura dan Indonesia, Derek Chollet, Penasihat Departemen Luar Negeri AS, mengatakan AUKUS tidak merusak sentralitas Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam telekonferensi pada hari Kamis, dia mengatakan AUKUS bukan ancaman bagi perdamaian dan lebih banyak keterlibatan AS di kawasan itu positif, karena Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka sangat penting untuk keamanan dan kemakmuran.

Dia juga mengatakan Australia "tidak, dan tidak akan menggunakan senjata nuklir", itulah sebabnya aliansi trilateral bekerja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: