Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar Kasih China Jempol karena Nuklirnya, Prancis Siap Tatap Kemenangan Tahun 2025

Pakar Kasih China Jempol karena Nuklirnya, Prancis Siap Tatap Kemenangan Tahun 2025 Kredit Foto: Xinhua
Warta Ekonomi, Paris -

Pakar energi mengatakan sebagian besar negara tidak memiliki sarana untuk menarik reaktor besar, termasuk Prancis. Akibatnya, beralih ke reaktor modular kecil merupakan poros strategis untuk memungkinkan Prancis menghadapi persaingan dari negara-negara seperti China, yang memiliki ambisi yang semakin besar dalam hal tenaga nuklir.

“Model pembiayaan yang mereka butuhkan –belum lagi kapasitas untuk benar-benar memobilisasi savoir-faire suatu negara dalam domain ini– semakin langka, kecuali di negara-negara seperti Rusia dan China di mana perusahaan energi mendapat dukungan penuh dari negara,” kata Nicolas Mazzucchi, spesialis energi di Foundation for Strategic Research Prancis

Baca Juga: Tahu China Sulit Dibalap, Macron Langsung Gelontorkan Rp478 buat Rombak Nuklirnya

Perubahan pendekatan Prancis juga memungkinkannya memenangkan pasar baru yang menguntungkan.

“Pada tahun 2025, hampir seperempat dari kapasitas nuklir dunia yang ada akan habis karena reaktornya sudah terlalu tua,” lanjut Mazzucchi.

Alasan lebih lanjut mengapa reaktor nuklir kecil bisa menjadi bonanza ekspor Prancis adalah bahwa mereka dapat digunakan untuk tujuan penting selain pembangkit energi. “Ini adalah bentuk teknologi yang sangat fleksibel,” Giorgio Locatelli, seorang ahli di bidang rekayasa pembangkit listrik tenaga nuklir di Politeknik Milan, sebagaimana dilaporkan France24.

“Reaktor ini dapat digunakan untuk desalinasi air –tugas yang sangat penting di tempat-tempat seperti Timur Tengah dan bahkan India– serta untuk memproduksi hidrogen untuk memanaskan rumah di bagian dunia yang lebih dingin,” kata Mazzucchi.

Secara teori, reaktor kecil juga cenderung lebih aman daripada reaktor besar tradisional. Kecelakaan Fukushima Jepang pada tahun 2011 merusak reputasi energi nuklir untuk keselamatan - kemudian insiden Taishan di Cina pada bulan Juli menunjukkan bahwa masalah teknis juga dapat menyerang reaktor paling modern.

Menurut definisi, reaktor kecil “mengandung lebih sedikit bahan nuklir, yang secara teori memberi mereka potensi untuk lebih aman”, kata Karine Herviou, wakil direktur yang bertanggung jawab atas keselamatan nuklir di Institut Perlindungan Radiologi dan Keselamatan Nuklir Prancis. Hal ini dapat “membatasi” pelepasan zat radioaktif jika terjadi kecelakaan – selain langkah-langkah keamanan yang akan dilakukan, lanjut Herviou.

Secara khusus, prosedur yang disesuaikan dengan reaktor kecil dapat memungkinkan operator untuk “menyingkirkan sisa daya yang dihasilkan oleh reaktor setelah penghentian”, tambah Herviou. Daya sisa inilah yang menyebabkan inti reaktor meleleh di Fukushima dan selama insiden Pulau Tiga Mil di AS pada tahun 1979.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: