Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenperin, Naganaya Indonesia, dan FTII Siap Gelar Indonesia 4.0 Conference dan Expo 2021

Kemenperin, Naganaya Indonesia, dan FTII Siap Gelar Indonesia 4.0 Conference dan Expo 2021 Kredit Foto: Naganaya Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pameran dan Conference Virtual Industri 4.0 terbesar di Indonesia akan segera di gelar pada 18-20 Agustus 2021. Indonesia 4.0 Conference & Expo 2021 menghadirkan lebih dari 120 perusahaan penyedia teknologi dan solusi bagi industry 4.0

Sejak peluncuran Making Indonesia 4.0, Kementerian Perindustrian mengimplementasikan industri 4.0 pada berbagai sektor industri nasional melalui berbagai upaya. Satu di antaranya pelaksanaan program Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) yang memberikan asesmen kesiapan dan pendampingan kepada perusahaan industri dalam implementasi industri 4.0.

Baca Juga: Persaingan Industri Semen di Dunia Makin Sengit, SIG Bersekutu dengan Perusahaan Semen asal Jepang

Selanjutnya, Kemenperin juga membangun Ekosistem Industri 4.0 (SINDI 4.0), dengan tujuan untuk membangun sinergi, koordinasi, kolaborasi di antara pemangku kepentingan terkait untuk mengakselerasi transformasi industri 4.0. Hal ini menjadi semakin penting saat ini, mengingat hampir seluruh sektor industri vital terkena dampak pandemi, bukan saja skala nasional namun juga skala global. Kemenperin menyadari perlunya kolaborasi, kerjasama, dan tentunya tindakan yang kongkrit dan berkesinambungan untuk terus mempercepat perkembangan transformasi industri nasional ke industri 4.0.

Oleh karenanya, demi menjawab tantangan dan kebutuhan dunia industri di tanah air, Kementerian Perindustrian melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan   – Virtual Edition pada tanggal 18 – 20 Agustus 2021.

Dalam acara konferensi pers yang diadakan secara virtual, Rabu (4 Agustus), Doddy Rahadi selaku Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Kementerian Perindustrian RI mengatakan bahwa implementasi industri 4.0 merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan dan mendorong pemulihan sektor industri dalam negeri, terutama akibat dampak pandemi COVID 19.

“Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah yang terus mengakselarasi perkembangan industri nasional. Namun, guna mengakselerasi transformasi menuju industri 4.0 tersebut perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan tersebut.” papar Doddy.

Doddy menambahkan bahwa kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 akan menjadi ajang bagi ekosistem industri, baik pemerintah, pelaku industri, akademisi, penyedia teknologi maupun pemerhati industri untuk bertemu dan berdiskusi secara virtual, dan berkolaborasi dalam mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia.

Ketua Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Andi Budimansyah, turut menyampaikan bahwa dukungan dan stimulus dari Pemerintah sangat diperlukan dalam percepatan transformasi industri 4.0 tersebut. Kegiatan ini tentunya merupakan upaya positif dalam memperkuat ekosistem Industri 4.0.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Serentak di Bali Capai Rp 456,9 Miliar Lebih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: