Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Resmi! Kemenhub Resmikan Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan di Pelabuhan Patimban

Resmi! Kemenhub Resmikan Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan di Pelabuhan Patimban Kredit Foto: Dok. Pelindo III
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah Presiden Joko Widodo resmi memimpin dan membuka soft launching Pelabuhan Patimban, Subang pada Minggu (20/12), dan hari yang sama, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan Launching Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan LDF (Long Distance Ferry) di Pelabuhan Patimban Subang, dengan pemberangkatan perdana kapal roll on-roll off atau roro yang memuat sedikitnya 102 kapal menuju Pelabuhan Panjang, Lampung.

"Alhamdulillah pagi ini sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan (Menhub Budi Karya) kita bisa melaksanakan pelayaran perdana roro dari pelabuhan Patimban-Panjang, dengan KMP Ferrindo 5 yang dioperasikan oleh PT ASDP," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo. 

Sebelumnya Kementerian Perhubungan telah menunjuk PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III untuk menjadi operator sementara Pelabuhan Patimban. Pelindo III sebagai BUMN dinilai memiliki kompetensi karena saat ini mengelola sedikitinya 44 pelabuhan di berbagai wilayah di Indonesia.Baca Juga: Dengan Terminal LNG Benoa, Pelindo III Dukung Ketahanan Kelistrikan Bali

"Diharapkan dalam masa penugasan sementara ini Pelindo III dapat mengoptimalkan Pelabuhan Patimban khususnya pada tahap awal untuk car terminal," lanjut Agus. 

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer menyatakan kesiapannya menerima penugasan pengoperasian sementara Pelabuhan Patimban. Pelindo III saat ini telah memiliki tim yang ditunjuk sebagai pelaksana operasional di lapangan. Baca Juga: Luhut Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Pelabuhan Patimban

"Pelindo III group sedang menyiapkan operasi Pelabuhan Patimban untuk melaksanakan amanah ini dan berkolaborasi dengan semua stakeholders agar dapat pelabuhan ini dapat berjalan dengan optimal," jelas Saefudin.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: